Nasi Rames Nusantara

8 Resep Lauk Nasi Kuning Untuk Tumpeng 17 Agustus

Odilia WS - detikFood Minggu, 15 Agu 2021 09:00 WIB
8 Resep Lauk Nasi Kuning Untuk Tumpeng 17 Agustus Foto: iStock
FOKUS BERITA Nasi Rames Nusantara
Jakarta -

Nasi kuning untuk selamatan biasanya dilengkapi berbagai macam lauk. Dari ayam ingkung, perkedel, telur balado hingga kering tempe. Berikut ini resepnya.

Nasi berwarna kuning yang dimasak dengan kunyit rasanya pulen dan harum aromanya. Kuning melambangkan ucapan syukur dan kegembiraan hati.

Meskipun saat pandemi tak bisa berkumpul menikmati nasi tumpeng. Tetapi kamu tetap bisa membuat selamatan bersama keluarga untuk ulang tahun ke 76 Kemerdekaan RI.

Tak sekedar ditaruh di keliling tumpeng nasi kuning, setiap lauk memiliki arti dan maknya. Semua yang berasal dari dalam bumi, lautan ditujukan pada Tuhan YME. Karenanya dipilih dengan cermat.

Meskipun kini banyak versi lauk kekinian, kamu bisa memilih beberapa lauk ini untuk dipadukan dengan nasi kuning. Termasuk lauk favorit keluarga. Berikut ini beberapa resep rekomendasi detikfood bisa kamu contek.

1. Ayam Ingkung atau Ayam Goreng

Ayam ingkung merupakan ayam utuh yang dibumbui dengan santan dan rempah. Rasanya gurih, sedikit pedas dan manis. Biasanya disajikan utuh. Tetapi bisa dalam bentuk potongan. Untuk membuatnya kamu bisa melihat petunjuk resepnya di sini.

Selain ayam ingkung, ayam ungkep berbumbu kuning yang digoreng kering juga jadi favorit banyak orang. Rasanya gurih renyah dan bisa disajikan dalam bentuk potongan. Lihat resepnya di sini untuk meracik bumbunya.

2. Telur Balado atau Telur Pindang

Telur melambangkan kehidupan baru wajib jadi lauk pelengkap nasi kuning. Bisa diolah sebagai telur rebus atau telur dadar. Tetapi juga bisa diolah jadi telur balado dengan balutan bumbu cabe. Membuatnya tidak sulit, lihat petunjuk resep ini.

Selain itu telur rebus juga bisa diolah menjadi telur pindang. Telur direbus dengan kulit bawang merah hingga kecokelatan dan rasanya gurih kenyal. Lihat petunjuk cara membuatnya di resep ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Nasi Goreng Liwet"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Nasi Rames Nusantara
FOKUS BERITA Nasi Rames Nusantara

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com