30 Resep Daging Kambing & Sapi Idul Adha

5 Olahan Daging Khas Sumatera, Ada Kari Kambing dan Asam Padeh Daging

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 19 Jul 2021 12:00 WIB
5 Olahan Daging Khas Sumatera, Ada Kari Kambing dan Asam Padeh Daging Foto: detikfood/Instagram
Jakarta -

Jika bosan sate dan tongseng untuk Idul Adha, coba buat olahan daging enak dari Sumatera sebagai inspirasi. Ada kari kambing dan asam padeh daging yang menggugah selera.

Idul Adha tinggal menghitung hari. Jika kamu sedang mencari inspirasi resep daging yang nikmat, beragam olahan daging khas Sumatera layak dicoba.

Ada yang berasal dari Aceh, Medan, Palembang, dan Padang. Umumnya hidangan ini dibuat dari bumbu rempah yang gurih nikmat. Salah satunya soto Medan yang berisi daging dan jeroan sapi.

Lalu ada juga hidangan mirip semur dari Palembang bernama malbi. Kunci kenikmatannya ada pada tekstur daging yang super empuk karena dimasak perlahan.

Kalau mau yang agak beda, kamu bisa memasak asam padeh daging khas Sumatera Barat. Bumbunya memakai asam kandis dan cabai sehingga menghasilkan rasa asam pedas nikmat.

Detikfood merangkum 5 olahan daging enak dari Sumatera, berikut resep membuatnya:

1. Kari kambing

5 Olahan Daging Khas Sumatera, Ada Kari Kambing dan Asam Padeh Daging5 Olahan Daging Khas Sumatera, Ada Kari Kambing dan Asam Padeh Daging Foto: Agus Setyadi/detikcom

Aceh punya olahan daging kambing terkenal bernama sie kameng atau kari kambing. Potongan daging dan jeroan kambing kecil-kecil diberi aneka bumbu kari lalu dimasak dalam waktu lama. Rempah yang dipakai sangat banyak termasuk daun temurui, daun kari, pekak, adas, hingga kayu manis.

Kari kambing bisa dinikmati dengan roti jala, nasi hangat, ataupun ketupat. Hidangan serupa bisa kamu temui di Medan. Kari kambing terkenal dengan tekstur daging kambingnya yang super empuk. Kalau tertarik mencobanya, kamu bisa melihat resep ini.

2. Soto Medan

5 Olahan Daging Khas Sumatera, Ada Kari Kambing dan Asam Padeh Daging5 Olahan Daging Khas Sumatera, Ada Kari Kambing dan Asam Padeh Daging Foto: detikfood

Olahan daging enak dari Sumatera selanjutnya adalah soto Medan. Soto ini identik dengan isian udang, namun bisa juga dibuat dari daging sapi. Kuahnya memakai santan dengan bumbu terbuat dari banyak paduan rempah yang mirip kari.

Selain daging, soto Medan juga bisa diisi jeroan sapi. Pelengkap lainnya adalah perkedel, emping, dan sambal. Cita rasanya tentu nikmat saat dipadukan nasi hangat. Kalau penasaran dengan soto Medan, kamu bisa melihat resepnya di sini.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com