30 Resep Daging Kambing & Sapi Idul Adha

Cara Masak Daging Kambing dan Sapi Agar Empuk dengan 5 Bahan Ini!

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 15 Jul 2021 17:05 WIB
Cara Masak Daging Agar Cepat Empuk Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Agar daging cepat empuk dan tidak alot, cara memasak daging kambing dan sapi haruslah tepat. Untuk mengempukkannya bisa menggunakan beberapa bahan alami.

Tak semua bagian daging sapi empuk dan lembut, tapi ada juga yang alot dan keras. Seperti bagian daging sengkel, sandung lamur, dan leher. Sedangkan, daging kambing memang memiliki tekstur yang alot.

Cara Masak Daging Agar Cepat EmpukCara Masak Daging Agar Cepat Empuk Foto: Getty Images/iStockphoto

Untuk mengempukkan daging ini, sebenarnya bisa dengan merebus daging selama beberapa jam. Namun, proses perebusan yang lama ini malah membuat lebih boros bahan bakar.

Selain merebus dalam waktu lama, daging kambing dan sapi juga bisa dicampurkan beberapa bahan makanan agar cepat empuk dan tidak alot lagi. Seperti nanas, daun pepaya, hingga baking soda.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara memasak daging agar cepat empuk.

1. Daun Pepaya

Cara Masak Daging Agar Cepat EmpukCara Masak Daging Agar Cepat Empuk Foto: Getty Images/iStockphoto

Daun pepaya memiliki rasa yang sangat pahit. Walaupun begitu, daun pepaya juga kerap diolah menjadi hidangan nikmat. Seperti direbus untuk campuran pecel atau urap, bisa juga ditumis dengan campuran ikan teri.

Tak hanya menjadi hidangan nikmat, daun pepaya juga bisa untuk mengempukkan daging. Getah daun pepaya yang mengandung papain membantu daging jadi cepat empuk ketika direbus. Daun pepaya tidak ikutan direbus, melainkan menjadi pembungkus daging yang alot.

Setelah dibungkus beberapa saat, barulah daging direbus hingga empuk. Saat membungkus daging dengan daun pepaya jangan terlalu lama, karena daging akan mudah hancur dan bisa memengaruhi rasa daging.

Baca Juga: 6 Pola Makan Peningkat Imun untuk Hidup Sehat dan Cegah Covid-19

2. Nanas

Cara Masak Daging Agar Cepat EmpukCara Masak Daging Agar Cepat Empuk Foto: Getty Images/iStockphoto

Nanas biasanya dinikmati secara langsung karena rasanya yang asam segar. Di Indonesia, nanas biasa digunakan untuk campuran rujak. Ada juga beberapa hidangan yang menggunakan nanas, seperti tumisan ikan, nasi goreng, dan lainnya.

Selain itu, nanas juga bisa digunakan untuk mengempukkan daging. Karena di dalamnya mengandung bromelain yaitu enzim protease yang sering digunakan untuk empuk.

Caranya juga sedehana, kamu tinggal memotong nanas dalam ukuran kecil atau dihaluskan. Kemudian tambahkan ke dalam marinasi daging dan diamkan beberapa saat sebelum dimasak.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Cara Menghitung Protein Daging Sapi-Kambing yang Harus Dikonsumsi"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com