6 Pola Makan Peningkat Imun untuk Hidup Sehat dan Cegah Covid-19

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 15 Jul 2021 11:30 WIB
Orang sakit Foto: iStock
Jakarta -

Kekebalan imun tubuh penting untuk dijaga saat pandemi Covid-19. Pola makan peningkat imun ini bisa kamu jalankan setiap hari.

Imunitas menjadi hal penting yang harus selalu diperhatikan di tengah kondisi pandemi Covid-19. Kekebalan imun tubuh menjadi pelindung utama untuk menjaga diri dari infeksi coronavirus yang masih terus memakan korban.

Penyebaran coronavirus yang masih belum bisa dikendalikan membuat berbagai cara harus dilakukan demi menangkal virus masuk ke dalam tubuh. Menjalankan pola makan yang sehat hingga rutin berolahraga menjadi cara ampuh untuk menguatkan imunitas tubuh.

Memerhatikan nutrisi dengan memprioritaskan makanan-makanan yang tinggi vitamin dan mineral untuk mendukung imunitas menjadi yang penting untuk selalu dipertimbangkan dalam setiap waktu makan. Para ahli menyarankan beberapa pola makan sehat untuk membantu menguatkan imunitas tubuh di tengah pandemi Covid-19.

Berikut ini 6 tips pola makan peningkat imun untuk hidup sehat dan cegah Covid-19, menurut Gaiam:

Healthy foods containing vitamin D. Top viewFoto: iStock

1. Perhatikan Asupan Vitamin D

Vitamin D memiliki peran yang penting untuk sistem imun dan keseimbangan hormon di dalam tubuh. Sumber vitamin D yang paling baik bisa didapatkan melalui sinar matahari dan beberapa makanan alami seperti buah dan sayur.

Vitamin juga banyak tersedia dalam bentuk suplemen multivitamin maupun terdapat pada makanan-makanan yang telah difortifikasi atau ditambahkan kandungan nutrisinya. Tetapi bahan makanan alami sumber vitamin D jauh lebih baik untuk dikonsumsi misalnya seperti kuning telur, lemak ikan, jeroan hingga berbagai jenis jamur.

2. Perbanyak Konsumsi Bawang Putih

Di balik rasa getirnya yang terkadang mengganggu, bawang putih punya banyak manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan. Bawang putih dikenal juga sebagai salah satu makanan super atau superfood yang memiliki banyak komponen yang dapat mendukung kesehatan tubuh secara luas.

Salah satunya pada penelitian terdahulu yang pernah dilakukan oleh ahli, bawang putih ditemukan dapat mengobati beberapa penyakit dan juga meningkatkan sistem imunitas. Konsumsi bawang putih bisa berupa menambahkan bubuk bawang putih dalam makanan, cincangan bawang putih segar atau bahkan melalui konsumsi pil bawang putih yang dibentuk ke dalam kapsul.

Baca juga: 6 Pola Makan Ini Bantu Perkuat Daya Tahan Tubuh Si Kecil Saat Pandemi

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Resto di Jakarta Ini Sajikan Menu dari Hasil Panen di Kebun Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com