6 Pola Makan Ini Bantu Perkuat Daya Tahan Tubuh Si Kecil Saat Pandemi

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 13 Jul 2021 11:30 WIB
6 Pola Makan Ini Bantu Perkuat Daya Tahan Tubuh Si Kecil Saat Pandemi Foto: iStock
Jakarta -

Virus Corona semakin mengganas dan kini menyerang anak-anak. Perkuat daya tahan tubuh si kecil dengan menerapkan pola makan berikut.

Perkembangan varian coronavirus yang terus mengganas kini mengancam masyarakat lebih luas lagi. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga mulai banyak yang terjangkit akibat daya tahan tubuh yang belum cukup kuat untuk melawan serangan coronavirus.

COVID-19 yang masih terus melonjak tentu sangat mengkhawatirkan untuk seluruh anggota keluarga. Terutama bagi si kecil yang masih butuh bantuan untuk memperkuat imun atau daya tahan tubuhnya. Berbagai cara dan trik untuk menjaga kesehatannya sangat penting untuk dilakukan.

Memerhatikan asupan nutrisinya, pola makan serta komposisi gizi makanan yang seimbang harus dilakukan untuk menjaga si kecil agar tak tumbang dan melemah imunitasnya. Para ahli menyarankan beberapa trik untuk memperkuat daya tahan tubuh si kecil selama pandemi.

Berikut 6 pola makan yang dianjurkan ahli untuk perkuat imun si kecil menurut Natural Super Kids:

6 Pola Makan Ini Bantu Perkuat Daya Tahan Tubuh Si Kecil Saat Pandemi6 Pola Makan Ini Bantu Perkuat Daya Tahan Tubuh Si Kecil Saat Pandemi Foto: iStock

1. Perbanyak Asupan Makanan Utuh

Berbeda dengan orang dewasa yang telah memahami fungsi dan dapat memilah makanannya sendiri, anak kecil cenderung lebih pemilih terutama pada makanan sehat. Makanan-makanan sehat yang cenderung memiliki rasa tidak enak akan dijauhi oleh anak-anak dan makanan tinggi gula yang kurang baik untuk kesehatan justru akan sangat digemari.

Pola makan anak masih sangat banyak dipenuhi oleh makanan olahan. Sebagai orang tua sebisa mungkin mulai kurangi produk makanan olahan dan tingkatkan makanan alami yang tinggi nutrisi. Misalnya dengan makanan-makanan utuh seperti sereal gandum, buah-buahan, sayuran serta makanan utuh yang bernutrisi lainnya.

2. Beri Banyak Sumber Serat

Usus dan saluran pencernaan memiliki peran penting yang cukup besar, bahkan mencapai 80% untuk membentuk imunitas. Hal tersebut membuat kesehatan usus sangat penting untuk diperhatikan demi menciptakan imunitas dan daya tahan tubuh anak yang lebih kuat terutama di tengah pandemi COVID-19.

Usahakan untuk memberikan anak asupan tinggi serat serta antibiotik (jika diperlukan dan tetap dalam pengawasan dokter) untuk membantu menekan bakteri jahat dan meningkatkan bakteri baik dalam usus. Keberagaman bakteri usus menjadi sangat penting fungsinya karena bakteri pada usus dan saluran pencernaan ini punya peran penting dalam menjaga kekebalan imun tubuh si kecil.

Baca juga: 7 Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh Anak agar Tetap Sehat Saat Pandemi

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bukannya Rugi, Nasi Uduk Legendaris Ini Laris saat Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com