5 Camilan Sehat yang Bisa Meningkatkan Imunitas Anak

Tim Detikfood - detikFood Jumat, 02 Apr 2021 09:30 WIB
Sweet baby girl 3-4 year old eating cookies and drinking milk lying in bed close up. Good morning. Breakfast. Foto: Getty Images/iStockphoto/morrowlight
Jakarta -

Di masa pandemi ini, banyak orang tua fokus meningkatkan daya tahan tubuh anaknya. Selain makanan utama, camilan bisa dipilih untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Konsumsi camilan memang bisa jadi cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Bila daya tahan tubuh baik, tentunya tumbuh kembang anak akan optimal.

Berbagai jenis camilan sehat bisa dikenalkan sejak dini. Jangan lupa berikan contoh baik, sehingga anak mau makan camilan sehat.

Sosiolog Dr.Erna Ermawati Chotim, M.Si, mengatakan bahwa keluarga memegang peranan sebagai institusi pembentuk pola makan sehat. Sesuatu yang berkaitan dengan makanan seperti camilan jadi bentuk pola asuh di keluarga untuk mengenalkan jenis-jenisnya.

"Jadi, kalau keluarga itu relatif suka makanan sehat, pasti akan tersaji di menu makan sehari-hari dan anak terbiasa mengonsumsinya" kata Erna, beberapa waktu lalu.

Sebaliknya, jika orang tua tidak suka makan camilan sehat, pasti anak tidak akan terbiasa mengenal jenis makanan ini. Padahal, kondisi tersebut bisa menciptakan kebiasaan makan anak.

"Ketika tidak disajikan, anak jadi tidak terbiasa," ujar Erna.

camilan anak bahan kejuCamilan Anak untuk Tingkatkan Imunitas. Foto: iStock

Camilan sehat untuk menjaga daya tahan tubuh anak tidaklah sulit dibuat. Terkadang, buah-buahan kaya vitamin saja sudah cukup menambah energi anak agar tak mudah sakit.

Jadwal makan camilan juga bisa mengatasi anak yang kelaparan setelah tiga atau empat jam makan besar. Biasanya, jadwal makan ditentukan di antara waktu makan utama atau setelah anak beraktivitas.

Dirangkum dari berbagai sumber, camilan sehat kaya nutrisi untuk penambah daya tahan tubuh anak di masa pandemi.

1. Yogurt

Yogurt adalah camilan sehat yang bisa jadi sumber protein dan kalsium bagi anak. Seperti kita tahu, kalsium penting untuk pertumbuhan tulangnya.

Beberapa yogurt juga mengandung bakteri hidup yang baik untuk sistem pencernaan. Bila saluran cerna sehat, daya tahan tubuh anak juga akan meningkat.

Sebuah studi menemukan, anak-anak yang makan yogurt memiliki risiko 19 persen lebih rendah terkena pilek, infeksi telinga, dan radang tenggorokan. Carilah produk yogurt yang rendah gula dan tidak menggunakan pewarna tambahan untuk diberikan ke anak.

Camilan apa saja yang bisa diberikan pada anak untuk penambah daya tahan tubuh? Baca selengkapnya DI SINI !



Simak Video "Masak Masak: Resep Bakwan Udang untuk Si Kecil"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com