5 Makanan Terbaik Untuk Jaga Imunitas dan Kurangi Inflamasi

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 12 Jul 2021 06:00 WIB
Makanan untuk Imunitas Tubuh dan Melawa Inflamasi Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga imunitas tubuh dan kurangi inflamasi di tengah pandemi ini. Mulai dari sayuran hijau hingga buah jeruk.

Kasus Covid-19 kian melonjak di tengah pandemi yang terjadi di Indonesia. Hal ini diebabkan telah muncul Covid-19 varian Delta yang penyebarannya sangat cepat.

Agar tidak mudah terpapar, tubuh harus selalu sehat dan bugar. Cara yang bisa dilakukan adalah menjaga imunitas tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat kaya nutrisi alami. Seperti makanan yang mengandung vitamin C, vitamin B, serat, hingga zinc.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 makanan untuk menjaga imunitas dan mengurangi inflamasi.

1. Sayuran Hijau

Makanan untuk Imunitas Tubuh dan Melawa InflamasiMakanan untuk Imunitas Tubuh dan Melawa Inflamasi Foto: Getty Images/iStockphoto

Sayuran hijau termasuk superfood yang dapat dikonsumsi secara rutin untuk meningkatkan imunitas tubuh di tengah pandemi Covid-19. Karena di dalam sayuran hijau seperti bayam dan kale terdapat kandungan vitamin A, C, dan E.

Tak hanya itu, ada juga kandungan beta karoten. Kandungan nutrisi inilah yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh dan menjaga tubuh agar tidak mudah tertular penyakit.

Kamu bisa menikmati bayam ini dengan beragam olahan. Seperti sayur bening, salad, lalapan, hingga tumisa untuk lauk nasi panas.

Baca Juga: Resep Chicken Wings ala Korea Buat Camilan Nonton Bola

2. Paprika Merah

Makanan untuk Imunitas Tubuh dan Melawa InflamasiMakanan untuk Imunitas Tubuh dan Melawa Inflamasi Foto: Getty Images/iStockphoto

Paprika merah merupakan jenis sayuran yang banyak digunakan untuk berbagai masakan. Seperti pizza, pasta, BBQ, dan aneka tumisan. Ada juga yang mengolah paprika mejadi campuran salad segar.

Paprika sangat sehat karena di dalamnya mengandung vitamin C yang tinggi. Kandungan inilah yang berperan sebagai zat antioksidan untuk menjaga imunitas tubuh. Selain itu, paprika merah juga bersifat sebagai zat anti inflamasi untuk meringankan peradangan.

Beragam penelitian juga menunjukan kalau paprika lebih sehat kalau dikonsumsi dalam kondisi mentah. Karena kadungan nutrisinya lebih tinggi saat dikonsumsi mentah.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Cukup Bayar Rp 2.000, Bisa Makan Sepuasnya di Warung Ini"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com