Gibran Rakabuming Doyan Jajan Kaki Lima dan Blusukan Pasar

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 15 Jul 2021 13:00 WIB
Gibran Rakabuming Doyan Jajan Kaki Lima dan Blusukan Pasar Foto: Instagram gibran_rakabuming
Jakarta -

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka positif Covid-19. Sosoknya memiliki sejumlah fakta kuliner menarik, termasuk beberapa bisnis kulinernya yang moncer.

Gibran Rakabuming Raka mengabarkan dirinya positif Covid-19 setelah menjalani tes PCR di rumah sakit. Meski begitu, sang istri, anak, dan orang-orang terdekatnya negatif Covid-19.

Saat ini Gibran melakukan isolasi mandiri, namun tetap produktif bekerja. Ia menduga dirinya terpapar virus Corona karena sering blusukan ke tempat-tempat yang memiliki risiko Covid-19 tinggi.

Melihat sosoknya, putra sulung presiden Joko Widodo (Jokowi) ini juga dikenal sebagai pebisnis kuliner handal sebelum bergelut di dunia politik. Berawal dari bisnis katering dan martabak di Solo, kini Gibran bekerja sama dengan chef ternama dalam menekuni bisnis kuliner baru.

Gibran juga merupakan sosok pencinta makanan tradisional. Ia diketahui sering blusukan dan tak segan mencicipi makanan atau minuman yang dijual di pasar.

Dirangkum detikfood (15/7) dari berbagai sumber, inilah fakta kuliner Gibran Rakabuming Raka:

1. Bisnis katering dan martabak di Solo

Gibran Rakabuming Doyan Jajan Kaki Lima dan Blusukan PasarGibran Rakabuming Doyan Jajan Kaki Lima dan Blusukan Pasar Foto: Reno Hastukrisnapati Widarto/detikcom

Kiprah Gibran di dunia kuliner diawali dari katering Chilli Pari yang ia dirikan tahun 2010, tepat setelah dirinya lulus kuliah di Australia. Gibran tak hanya membuat usaha katering saja, tapi juga wedding organizer yang lebih menyeluruh.

Katering Chilli Pari terkenal dengan suguhan makanan tradisional yang sedap. Mulai dari Sup Tahu Sawi Asin, Nasi Gunung Sari, Garang Asem Bumbung, Babat Gongso, hingga Es Kapling Cinta.

Setelahnya, Gibran juga menekuni bisnis martabak. Ia menamainya Markobar yang merupakan singkatan Martabak Kota Barat. Usaha martabak yang sudah ada sejak 1996 ini diberi sentuhan kekinian oleh Gibran.

Ayah dua anak itu mengembangkan konsep martabak pizza yang membuat nama Markobar begitu terkenal. Martabak disajikan layaknya pizza dimana adonannya tidak dilipat. Toppingnya modern seperti Oreo, Nutella, hingga Toblerone.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Gelar Lomba Masak Daun Kelor, Istri Gibran: Ada Edukasinya"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com