30 Resep Daging Kambing & Sapi Idul Adha

5 Tips Bikin Sate Kambing Empuk Juicy

Devi Setya - detikFood Jumat, 16 Jul 2021 12:00 WIB
sate dan gule kambing enak Foto: detikFood/Devi S. Lestari
Jakarta -

Membuat sate kambing empuk ala warung sate ternyata tidak sulit. Ikuti tips bikin sate kambing empuk juicy menggunakan daging kurban.

Momen Idul Adha identik dengan menyantap olahan berbahan daging kambing dan sapi. Salah satu yang populer yakni sate kambing. Banyak orang memilih mengolah sate kambing karena simpel dan rasanya enak.

Tapi kadang sate kambing bertekstur alot, keras serta berbau prengus. Tentu hal ini menyebalkan, apalagi ketika sudah siap melahapnya dengan nasi hangat.

Mengolah daging kambing terlihat mudah, padahal ada beberapa hal yang perlu dicermati saat menyiapkan daging kambing. Kambing muda dagingnya lebih empuk dan tak beraroma tajam. Khusus untuk sate kambing, bagian has dalam paling cocok karena bagian ini paling empuk.

Berikut beberapa tips bikin sate kambing empuk juicy:

1. Jangan dicuci


Untuk menjaga rasa alami daging dan jus daging, sebaiknya daging kambing tidak dicuci. Jika ada kotoran yang menempel, cukup bersihkan dengan cara dilap menggunakan lap bersih dan kering atau dipotong sedikit bagian yang kotor.

Daging kambing yang terkena air akan menjadi keras ketika diolah. Proses pencucian daging kambing juga membuatnya daging kurang juicy karena sarinya terbuang. Jadi kalau ingin membuat sate, potong-potong dengan ukuran yang sama. Jika memakai hati sapi untuk sate, sebaiknya cuci dahulu lalu potong-potong dengan ukuran sama besar.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Nyobain Risol dan Sate Maranggi Daging khas Sate Bibali"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com