9 Menu Lebaran Idul Fitri Khas Indonesia yang Sedap

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 05 Mei 2021 14:30 WIB
Lontong Sayur Medan Foto: iStock
Jakarta -

Menu Lebaran identik dengan sajian yang berkuah kental dan dipadu dengan daging ayam atau sapi. Lalu disantap dengan lontong atau ketupat. Hmm, sedap!

Menu Lebaran Idul Fitri setiap tahunnya sama. Yang membedakan hanya saja asal-usul keluarga tersebut berasal. Ada yang menyajikan opor, rendang ataupun sayur ketupat. Semuanya disajikan lengkap dengan bawang goreng, sambal, dan juga kerupuk.

Di hari Lebaran, semua keluarga berkumpul. Meskipun tahun ini sama seperti tahun lalu tak boleh mudik. Akan tetapi suguhan spesial di rumah untuk lebaran tentu tetap ada.

Apa saja menu Lebaran Idul Fitri yang enak?

1. Rendang

Selain Daging, Ini 5 Rendang yang Jadi Lauk Nasi KapauSelain Daging, Ini 5 Rendang yang Jadi Lauk Nasi Kapau Foto: iStock

Menu khas Minang ini sepertinya tak bisa dilewatkan oleh masyarakat Indonesia saat Lebaran. Banyak orang-orang pendatang di Jakarta yang sangat menyukai menu rendang dan selalu disuguhkan untuk keluarga saat Lebaran tiba.

Saking populernya, rendang juga pernah masuk ke dalam makanan terenak pertama versi CNN pada tahun 2017. Dimasak hingga 7 jam, daging rendang diolah dengan berbagai jenis rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, lengkuas, kemiri dan cengkeh. Ditambah dengan santan. Rasanya gurih enak.

Tertarik membuat? Langsung klik resepnya di sini.

2. Opor ayam

Resep Opor Ayam PutihResep Opor Ayam Putih Foto: detikfood/Odilia

Opor ayam memiliki penampakkan kuah yang kental berwarna putih kekuningan. Opor ayam paling enak dimasak dengan ayam kampung. Tekstunya empuk jika dimasak lama dan paling enak dinikmati bersama dengan ketupat dan ditaburi dengan bawang goreng. Cek resepnya di sini.

3. Sambal goreng kentang dan krecek

Sambal Goreng Kentang dan KrecekSambal Goreng Kentang dan Krecek Foto: iStock

Sambal goreng kentang dan krecek juga bisa jadi pelengkap sayur ketupat. Resep sambal goreng bisa dibuat dengan tahu goreng, kerecek goreng, kacang tolo, santan hingga bumbu yang cabe merah, cabe rawit, terasi, bawang putih, bawang merah, gula merah hingga garam. Lihat resepnya di sini.

4. Sayur gurih

Resep Sayur Gurih Labu SiamResep Sayur Gurih Labu Siam Foto: detikcom

Sayur gurih dan memiliki rasa pedas menjadi sajian umum yang dinikmati saat Lebaran. Isiannya ada potongan labu siam, udang kecil, dan kacang panjang. Dimasak dengan bumbu yang dibuat dari cabe merah, cabe hijau besar. daun jeruk, serai, bawang merah, bawang putih hingga santan.

Yuk lihat resepnya di sini.

5. Gulai ayam

gulai ayamgulai ayam Foto: Istock

Pecinta gulai juga bisa menyajikan hidangan khas Minang di rumah. Menu Lebaran Idul Fitri yang spesial kali ini adalah gulai ayam. Pilih jenis ayam jantan atau ayam kampung muda, kemudian dipadukan dengan aneka rempah Indonesia yang sedap. Penasaran apa saja bumbunya, yuk intip cara membuatnya! Cek di sini untuk resep lengkapnya.

6. Kare ayam

kare ayamkare ayam Foto: detikfood

Menu Lebaran Idul Fitri lainnya yang bisa dicoba adalah kare ayam. Ayam kampung bisa digunakan untuk membuat kare agar rasanya semakin gurih. Selain ayam, kare juga bisa dipadu dengan beberapa jenis sayur lain seperti wortel dan buncis. Lihat resep lengkapnya di sini.

7. Lontong sayur Medan

Lontong Sayur MedanLontong Sayur Medan Foto: iStock

Lontong sayur khas Sumatra Utara ini punya keunikan dalam bumbu sayur gurihnya. Dengan tambahan udang plus tauco, sayur gurihnya bercita rasa unik. Makin seru setelah dilengkapi dengan aneka lauk lainnya. Lihat resepnya di sini.

8. Sup iga sapi

iga sapiiga sapi Foto: detikFood/iStock

Sup yang terbuat dari iga sapi ini juga bisa jadi pilihan menu Lebaran tanpa santan. Kuahnya gurih dengan perpaduan rasa kaldu yang nikmat. Sup iga bisa ditambahkan juga dengan beberapa sayuran seperti wortel dan kentang. Cek resepnya di sini.

9. Soto Betawi

Lezatnya Soto Cawang, Soto Betawi Legendaris di Area ParkirLezatnya Soto Cawang, Soto Betawi Legendaris di Area Parkir Foto: detikFood

Nah menu Lebaran yang satu ini menjadi sajian spesial orang Betawi. Dibuat dengan campuran daging sandung lamur dan santan. Paling enak disantap dengan emping, sambal dan juga lontong. Tertarik mencoba? Klik di sini untuk melihat resepnya.



Simak Video "Melihat Kesibukan di Kampung Ketupat Bogor Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com