ADVERTISEMENT

11 Bumbu Opor Ayam Lebaran yang Wajib Diracik Agar Rasanya Gurih Enak

Odilia WS - detikFood
Senin, 03 Mei 2021 10:00 WIB
11 Bumbu Opor Ayam Lebaran
Foto: detikfood/Odilia
Jakarta -

Opor ayam wajib ada sebagai lauk sajian ketupat lebaran. Agar rasanya sedap mantap, racik bumbu opor dengan 11 bumbu ini.

Meskipun asalnya dari Jawa tetapi opor ayam sudah menjadi makanan nasional karena selalu ada dalam racikan ketupat lebaran. Lebaran tak afdol tanpa makan opor ayam.

Opor ayam banyak versinya. Ada yang berbumbu putih, ada yang berbumbu kuning, ada yang dimasak tanpa santan. Semuanya tetap enak dimakan bersama sambal goreng dan sayur gurih dalam ketupat lebaran.

Bagai orkestra, racikan bumbu opor bisa disesuaikan dengan selera. Asalkan masing-masing memberi kontribusi rasa sehingga menghasilkan rasa opor ayam yang gurih, aromanya harum dan sesuai selera.

Sebelum memasak opor ayam, kenali beberapa bumbu dapur yang menjadi racikan bumbu opor ini.


1. Bawang Merah

Rasa pedas dan aroma khas bawang merah membuat opor terasa sedap. Gunakan jenis bawang merah kecil seperti bawang merah Brebes karena lebih wangi dan berair.

2. Bawang Putih

Bawang putih mengeluarkan getah atau kandungan allicin saat ditumbuk halus. Zat ini berkhasiat sehat sekaligus memberi aroma tajam yang enak. Pilih bawang putih jenis Kating yang besar dan beraroma tajam.

3. Kemiri

Kemiri memberi rasa nutty yang renyah dan gurih. Karena kemiri tergolong kacang-kacangan yang mengandung minyak. Sangrai kemiri hingga kecokelatan dan agak kering sebelum ditumbuk halus. Agar aroma gurihnya terasa kuat.

4. Jahe

Sedikit tambahan jahe akan memberi aksen rasa pedas enak pada opor. Setelah dimasak dengan santan sebagai kuah opor, jahe akan mengeluarkan aroma yang sedap. Gunakan jahe sedikit saja.

5. Lengkuas

Aroma segar lengkuas membuat rasa gurih santan menjadi lebih enak. Lengkuas cukup direbus bersama bumbu halus untuk memberikan rasa sedap yang ringan.



Simak Video "Kastangel hingga Putri Salju Paling Banyak Diburu Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT