7 Menu Vegetarian Indonesia yang Bisa Dinikmati Setiap Hari

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 12 Sep 2020 07:00 WIB
Indonesian Traditional Food Named Lengko Rice Menu vegetarian. Foto: iStock
Jakarta -

Arti dari vegetarian dan vegan tentu berbeda. Vegetarian adalah orang yang hanya berhenti mengonsumsi daging saja. Sedangkan vegan ialah orang yang tidak mengkonsumsi semua produk hewani secara total.

Dilansir dalam Healthline, gaya hidup vegetarian sudah ada sejak 700 SM. Kemunculannya diduga karena kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dan ada pula yang menjalankan vegetarian karena kebiasaan agama ataupun etnik yang tidak memperbolehkan konsumsi daging.

Nah, bagi kamu yang sedang menjalankan pola makan vegetarian, bisa membuat beragam makanan yang dapat dibuat di rumah.

Berikut ini menu-menu vegetarian yang cocok untuk diet:

1. Jukut Urap Khas Bali

Jukut Urap, the popular Balinese vegetable salad accompanying many Balinese meals, especially Nasi Campur Bali. Cooked spinach, long beans and bean sprouts mixed with spicy grated coconut. Served on an earthenware plate lined with banana leaf.Jukut Urap, the popular Balinese vegetable salad accompanying many Balinese meals, especially Nasi Campur Bali. Cooked spinach, long beans and bean sprouts mixed with spicy grated coconut. Served on an earthenware plate lined with banana leaf. Foto: iStock


Menu vegetarian ala restoran di Bali bisa kamu buat di rumah. Racikan sayuran dengan paduan santan ini memiliki rasa yang gurih dan cocok dinikmati dengan nasi. Rasanya pedas dan dibuat dengan campuran beberapa jenis sayuran seperti bayam, kacang panjang, kol, tauge, santan dan jeruk limau.

Tertarik membuatnya? Yuk lihat menu vegetarian jukut urap khas Bali di sini.

2. Plecing Kangkung

Pelecing lombokPelecing lombok Foto: (Harianto Nukman/detikTravel)

Ada lagi menu vegetarian yang bisa dinikmati saat makan siang ataupun malam dan asalnya dari Lombok. Plecing kangkung ini dibuat dengan cara direbus dan disajikan dengan sambal merah serta taburan kacang goreng.

Kalau mau membuat plecing kangkung yang renyah dan pedas. Kamu bisa cek menu vegetarian plecing kangkung di sini.

3. Rujak Gado-gado

Gado-gado RujakGado-gado Rujak Foto: Gado-gado Rujak


Rujak gado-gado ini memiliki rasa yang hampir sama dengan gado-gado pada umumnya. Hanya saja campurannya agak berbeda. Rujak gado-gado dibuat dengan campuran aneka buah-buahan seperti mangga muda, nanas serta asam Jawa.

Ini dia resep rujak gado-gado yang bisa kamu coba.

4. Tahu Lengko

tahu lengkotahu lengko Foto: detikFood


Menu sarapan vegetarian yang satu ini agak berbeda. Tahu lengko khas Cirebon ini punya citarasa yang enak meskipun tidak ditambahkan telur atau daging. Disajikan dengan potongan tahu, tauge, tempe dan mentimun kemudian disiram dengan kuah kacang yang gurih pedas.

Yuk cek resep tahu lengko enak di sini.

5. Tempe Mendoan

tempe mendoantempe mendoan Foto: Istimewa


Tempe goreng tepung khas Banyumas ini aman dikonsumsi penganut pola makan vegetarian. Tempe yang dilapisi dengan adonan tepung kemudian digoreng setengah matang. Enak dinikmati dengan bumbu kacang atau kecap rawit.

Tertarik membuat tempe mendoan? Klik resepnya di sini.

6. Tahu Goreng Ranjau

Tahu Isi RanjauTahu Isi Ranjau Foto: detikfood


Tahu goreng bisa jadi camilan enak vegetarian. Tahu goreng dengan isian sayuran dan irisan cabai rawit mudah dibuat di rumah. Teksturnya renyah, rasanya gurih dan pedas. Klik di sini ya untuk lihat resep lengkapnya.

7. Sayur Asem Jakarta

Sayur Asem JakartaSayur Asem Jakarta Foto: iStock


Sayur asem enak dinikmati bersama nasi serta tempe dan tahu goreng. Sayuran yang umum dipakai ke sayur asem seperti kacang panjang, labu siam, jagung, biji dan daun melinjo, nangka muda, kacang merah dan lainnya.

Ini dia menu vegetarian sayur asem Jakarta yang enak bisa klik resepnya di sini.



Simak Video "Surga Sup dan Soto di Jalan Biak Jakarta Pusat"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)