ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk

3 Fakta Kopi Liberika, Jenis Kopi yang Beraroma Unik

Riska Fitria - detikFood
Senin, 15 Agu 2022 06:00 WIB
Apa itu kopi hijau dan manfaatnya bagi tubuh.
Foto: Getty Images
Jakarta -

Tak hanya robusta dan arabika, ada juga jenis kopi liberika. Jenis kopi ini memiliki keunikan pada bentuk biji hingga karakteristik rasa.

Orang pada umumnya hanya mengenal dua jenis kopi, yakni arabika dan robusta. Kedua jenis kopi tersebut banyak ditemui di kafe hingga pusat perbelanjaan.

Namun bagi penikmat kopi, pasti sudah tak asing dengan jenis kopi liberika. Kopi liberika pertama kali di Afrika, seperti Liberia, Uganda dan Angola.

Kemudian kopi liberika mulai populer pada abad ke-19 dan menyebar hingga ke Asia Tenggara, seperti Indonesia dan Filipina, seperti yang dikutip dari Caffeinesolution.

1. Tumbuh di Atas Ketinggian 2 mdpl

Warga menunjukkan tanaman kopi yang tumbuh di Pegunungan Meratus di Desa Alat, Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Kamis (26/8/2021). SPI Kalimantan Selatan merencanakan Kabupaten Hulu Sungai Tengah menjadi pusat pengembangan tanaman kopi di Kalimantan Selatan dengan menyiapkan 100 ribu bibit kopi yang akan di tanam di desa-desa pedalaman sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat, hingga saat ini pihak SPI Kalsel telah menemukan tiga jenis tanaman kopi yang tumbuh di wilayah Pegunungan Meratus yaitu jenis kopi Robusta, Liberika dan Ekselsa. ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/rwa.Kopi liberika tumbuh di dataran rendah, yakni hanya pada ketinggian 2 mdpl. Foto: ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/rwa. Foto: ANTARA FOTO/BAYU PRATAMA S

Kopiliberika tumbuh di dataran rendah, yakni hanya pada ketinggian 2 mdpl. Keunikan pada jenis tanaman kopi ini adalahmampur hidup dan tumbuh di atas tanah gambut.

Di Indonesia, biasanya jenis kopi ini banyak tumbuh di daerah Sumatera dan Kalimantan. Jenis kopi ini terbilang berharga dan memiliki nilai jual tinggi karena terbilang langka.

Baca Juga: Tren Kopi Infused Alkohol, Biji Kopi Direndam Whisky hingga Arak Bali

2. Ukuran Biji Lebih Besar

Inilah Liberika, Kopi Langka yang Bijinya Sebesar Biji KurmaBiji kopi liberika berukuran lebih besar. Foto: detikcom/Erliana Riady

Keunikan pada kopi liberika ada juga pada ukuran biji kopinya. Bentuk bijinya berbeda dari jenis kopi arabika dan robusta. Biji kopi liberika berukuran lebih besar.

Ukurannya bisa mencapai dua kali lipat dari jenis arabika dan robusta. Selain itu buahnya juga lebih besar.

Bentuknya lonjong dan ukurannya sekitar 18-33 mm. Dalam satu buah liberika ada dua biji kopi yang masing-masing ukurannya sekitar 7-15 mm. Buahnya juga memiliki kulit yang tipis.

Baca Juga: 10 Makanan Menjijikkan Favorit Orang Kaya, Ada dari Indonesia



Simak Video "Kenalan dengan Liberika, Jenis Kopi Langka dengan Rasa Unik"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT