ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Kopi Campur Matcha Makin Populer, Baguskah untuk Kesehatan?

Atiqa Rana - detikFood
Sabtu, 09 Jul 2022 08:00 WIB
Es kopi matcha
Foto: Getty Images
Jakarta -

Tren kopi saat ini telah menghasilkan berbagai campuran, mulai dari kopi cokelat hingga kopi matcha. Kopi matcha mungkin terdengar unik, tapi apakah kombinasi ini cocok?

Beberapa tahun terakhir, matcha menjadi salah satu makanan sehat yang popularitasnya meroket. Rasanya yang sedikit pahit membuat banyak orang yang tidak terlalu suka manis menyukainya.

Banyak orang yang mengolah matcha menjadi berbagai makanan dan minuman lain seperti teh, es krim, smoothie, bahkan kue. Dengan banyaknya variasi pemakaian bubuk matcha, lantas apakah matcha juga cocok dicampurkan ke dalam kopi?

Merangkum beberapa sumber, berikut penjelasan soal kombinasi matcha dan kopi serta manfaatnya bagi tubuh:

1. Matcha dan Manfaatnya

Matcha adalah bubuk teh hijau yang terbuat dari daun teh hijau kering yang sudah ditumbuk halus. Karena dibuat dari keseluruhan bagian daun teh, maka matcha lebih kaya nutrisi dibanding teh hijau (green tea).

Matcha terkenal akan nutrisinya yang super, terutama karena tinggi kandungan antioksidan. Beberapa manfaat yang didapatkan dari konsumsi matchan antara lain; membuat suasana hati tenang, mencegah penuaan, dan membuat konsentrasi otak lebih baik.

2. Mengapa Mencampur Kopi dengan Matcha?

Es kopi matchaMatcha dan kopi memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Kombinasi ini cocok dikonsumsi pada pagi hari, agar mampu memberi energi sekaligus membuat suasana hati menjadi tenang. Foto: Getty Images

Kombinasi kopi dan matcha mungkin terdengar tak biasa, tapi ternyata beberapa orang menyukainya. Bahkan pada beberapa kedai kopi, mereka menawarkan kopi matcha sebagai salah satu menunya.

Matcha dan kopi memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Kombinasi ini sangat cocok dikonsumsi pada pagi hari, agar mampu memberi energi tambahan sekaligus membuat suasana hati menjadi tenang.

Salah satu hal yang menjadi alasan minuman ini mendapat popularitas yaitu karena rasanya yang unik dan berbeda dengan kombinasi kopi lainnya.

Tetapi bagi sebagian orang, mungkin kombinasi matcha dan kopi bukanlah ide yang bagus. Matcha dan kopi sama sama mengandung kafein. Satu sendok teh bubuk matcha mengandung sekitar 78 miligram kafein. Sementara secangkir kopi mengandung sekitar 95 miligram kafein.

Mencampurkan keduanya mungkin akan membuat rasa yang kuat dan mampu memberikan efek gelisah pada beberapa orang. Karenanya jika kamu tergolong sensitif akan kafein, disarankan menghindari minuman ini.



Simak Video "Mencicipi Kopi di Festival Coffee Rajadesa Art and Culture"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT