ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Es Kopi Jepang Sedang Populer, Ini Bedanya dengan Cold Brew

Atiqa Rana - detikFood
Selasa, 05 Jul 2022 08:00 WIB
Perbedaan cold brew dan es kopi jepang
Foto: Getty Images
Jakarta -

Beberapa jenis es kopi dengan teknik seduh berbeda kian digemari, seperti cold brew dan es kopi Jepang. Keduanya terlihat mirip. Lantas apa bedanya?

Dalam cuaca yang panas, hal paling nikmat tentunya minum es kopi dingin. Bukan hanya pelepas dahaga tetapi juga bisa menambah asupan kafein sehingga tubuh lebih berenergi.

Dalam kondisi seperti ini, pilihan kopi yang banyak digemari adalah es kopi dan cold brew. Namun ternyata, sebagian orang tidak cocok dengan kopi satu ini.

Es kopi ala Jepang lebih digemari karena sedang populer. Jika cold brew memiliki rasa kopi yang kuat, ternyata es kopi ala jepang ini membuat semua rasa kopi tradisional dengan lebih ringan.

Sebenarnya kedua minuman kopi ini dapat dipilih tergantung selera. Tetapi untuk mengetahui lebih dalam, dirangkum dari beberapa sumber, inilah perbedaan antara cold brew dengan es kopi ala Jepang.

1. Cold Brew

Perbedaan cold brew dan es kopi jepangCold Brew adalah kopi yang diseduh dengan air dingin atau air dengan suhu kamar. Biasanya kopi ini menghasilkan rasa yang kuat, tanpa rasa pahit atau asam. Foto: Getty Images

Cold Brew adalah kopi yang diseduh dengan air dingin atau air dengan suhu kamar. Biasanya jenis kopi ini dibuat dalam bentuk terkonsentrasi. Ini berarti rasa dari kopi yang kuat tidak akan hilang meskipun adanya tambahan ekstra seperti es, susu, atau air dingin.

Untuk membuat cold brew dengan rasa dan aroma yang lebih kuat, biasanya perkiraan rasio yang dibutuhkan antara bubuk kopi dengan air yaitu 1:4.

Dalam menyeduh kopi atau biasa disebut dengan istilah 'brewing', umumnya cold brew menggunakan teknik seduh dingin seperti drip atau steeping yang bergantung pada kondisi suhu air.

Jika menggunakan teknik steeping, kopi akan direndam selama 6 hingga 24 jam yang akan membuat aroma kopi meningkat. Proses direndam atau diseduh itulah yang akan terus mengumpulkan aroma dari kopi itu sendiri.

Langkah terakhir untuk menyiapkan cold brew yaitu menyaring ampasnya yang padat. Cold Brew biasanya akan menghasilkan air kopi yang kuat, tanpa rasa pahit atau asam.

Jika memang menemukan kopi dengan rasa asam atau pahit, bisa jadi itu karena kopinya diseduh dengan air panas bukan air dingin. Dilansir dari javapress.com (02/07), kopi yang diseduh secara panas akan menghasilkan secangkir kopi asam yang kurang diekstraksi karena setiap partikel kopi tidak mendapatkan jumlah air yang dibutuhkan.

2. Es Kopi Ala Jepang

Perbedaan cold brew dan es kopi jepangEs kopi jepang diseduh langsung di atas wadah atau teko penuh es yang akan mendinginkan kopi dengan cepat. Teknik ini me,buat kopi memiliki rasa yang lebih ringan. Foto: Getty Images

Japanese iced coffee atau es kopi Jepang diambil dari kebiasaan minum kopi orang Jepang yang prosesnya melalui penyeduhan panas atau 'hot brewing' dengan tambahan es batu untuk mendapatkan hasil minuman yang dingin.

Gaya es kopi ala jepang mungkin akan terlihat lebih sederhana, namun nyatanya ini membutuhkan ketelitian yang tinggi.

Melansir akun YouTube Esperto Indonesia (26/04), biasanya metode yang digunakan untuk membuat es kopi ala Jepang yaitu metode pour over, drip, ataupun filter dengan menggunakan alat seduh seperti V60, kalita, atau chemex.

Kopi ini biasanya diseduh langsung di atas wadah atau teko penuh es yang akan mendinginkan kopi dengan cepat. Dengan mendinginkan kopi yang baru diseduh secara cepat, itu akan membuat rasanya lebih ringan dan bersih.

Untuk membuat es kopi ala Jepang yang enak, rasio yang tepat merupakan kunci penting. Dilansir dari seriouseats.com (22/07/2020), karena menyeduh kopi di atas es akan melelehkan dan mengencerkan minuman dengan cepat, sehingga kamu harus memperhitungkan pengukurannya.

Jika kopi diseduh dengan suhu air yang lebih tinggi dan mendinginkannya dengan rasio es yang cukup, ini biasanya akan membuat rasa asam dari kopi sedikit naik dan aromatiknya akan tersimpan lebih banyak dalam cairan kopinya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT