ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Minuman Kopi Masa Depan! 3 Cold Brew Ini Dibuat Tanpa Biji Kopi

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Minggu, 03 Jul 2022 08:00 WIB
Minuman Kopi Masa Depan! 3 Cold Brew Ini Dibuat Tanpa Biji Kopi
Foto: Atomo Coffee
Jakarta -

Pertanian kopi yang merugikan lingkungan membuat produsen minuman kopi ini 'memutar otak'. Mereka menciptakan minuman kopi tanpa biji kopi, berupa cold brew kemasan siap minum.

Atomo Coffee adalah produsen minuman kopi yang mencuri perhatian sejak didirikan tahun 2019 di Seattle, Amerika Serikat. Pihaknya mengusung konsep 'beanless coffee' di mana minuman kopi diproduksi tanpa kopi yang berasal dari biji kopi sungguhan.

Produk ini diklaim ramah lingkungan karena bisa menghindari berbagai kekurangan pertanian kopi konvensional. Misalnya menggunakan air 94% lebih sedikit, menghasilkan emisi karbon 93% lebih sedikit, hingga tidak memicu deforestasi hutan.

Dari segi produksi pun bakal lebih stabil karena tidak bergantung pada tanaman kopi yang mudah terpengaruh cuaca. Dengan kondisi cuaca buruk yang merusak tanaman kopi, misalnya, produk minuman kopi ini bakal tetap bisa diproduksi.

Minuman Kopi Masa Depan! 3 Cold Brew Ini Dibuat Tanpa Biji KopiAtomo Coffee fokus memproduksi kopi ramah lingkungan dengan cara modern. Foto: Atomo Coffee

Berawal dari pendanaan publik menggunakan Kickstarter, kini perusahaan Atomo Coffee telah jauh melesat. Mengutip Food & Wine (29/6), kabarnya Atomo Coffee baru menerima suntikan dana hingga USD 40 juta atau sekitar Rp 597 miliar!

Pendanaan ini berasal dari 3 perusahaan investasi. Mereka optimis, kopi "reverse engineered" ini bisa dibuat lebih populer lagi.

Atomo Coffee akhirnya memperkenalkan 3 minuman kopi kalengan ke pasaran. Jenisnya cold brew dengan varian Classic Black, Ultra Smooth, dan Oat Milk Latte.

Masing-masing punya keistimewaan rasa. Classic Black, misalnya, punya rasa kopi dengan jejak cocoa dan sedikit aroma 'smoke'. Untuk Ultra Smooth rasanya manis lembut dan ada jejak pahit dan asam yang memuaskan.

Sementara Oat Milk Latte cocok dikonsumsi pencinta kopi susu. Minuman ini dibuat dengan susu gandum yang memiliki rasa gurih kacang (nutty) dan ada jejak rasa kakao panggang.

Minuman Kopi Masa Depan! 3 Cold Brew Ini Dibuat Tanpa Biji Kopi3 varian minuman cold brew kemasan yang diproduksi Atomo Coffee. Foto: Atomo Coffee

Lantas dari mana rasa minuman kopi buatan Atomo Coffee? Pihaknya menggunakan biji kurma yang didaur ulang dengan proses canggih. Bijian ini lalu direndam dengan campuran bahan-bahan eksklusif.

Bahan-bahan itu antara lain anggur, tanaman herbal chicory, kafein dari teh, dan perasa natural lainnya. Menyoal rasa, Atomo Coffee mengklaim produk buatannya mirip dengan minuman kopi yang dibuat dari biji kopi konvensional.

Terkait penjualan, 3 minuman kopi cold brew kalengan Atomo Coffee sudah bisa dipesan online di situs web mereka. Minuman ini siap dikirim pada 15 Juli 2022.

Harga per kalengnya USD 5 hingga 5.50 atau sekitar Rp 74 hingga Rp 82 ribu. Tiap kaleng minuman kopi itu berisi sekitar 84 miligram kafein. Tertarik coba?



Simak Video "Masak Masak: Otak-otak Ikan Tongkol Super Endol"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT