ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Mantap! 5 Varian Kopi Sumatera Utara Ini Punya Aroma dan Rasa Istimewa

Kartika Sari - detikFood
Jumat, 01 Jul 2022 09:15 WIB
A cup of esprJumlah Kalori Secangkir Kopi Hitam, Kopi Sehat yang Kaya Manfaat
esso black coffee
Foto: Getty Images/iStockphoto/MarioGuti
Medan -

Sumatera Utara jadi salah satu surga kopi di Indonesia. Dari wilayah ini ada 5 varian kopi istimewa yang layak dicoba. Mulai dari Sidikalang hingga Lintong.

Pencinta kopi pastinya tak asing dengan biji kopi asal Sumatera Utara. Popularitasnya sudah tinggi di kancah nasional maupun internasional.

Biji kopi asal Sumatera Utara bahkan menjadi komoditi kedua terbanyak yang diekspor ke berbagai negara. Mulai dari Malaysia, Amerika, Belgia, Jerman, Singapura, Vietnam, Arab, dan lainnya.

Terdapat 5 varian biji kopi Sumatera Utara yang terkenal dengan aroma dan rasanya yang istimewa. Berikut daftarnya:

1. Kopi Sidikalang


Kopi Sidikalang berasal dari Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Biji kopi ini ditanam di ketinggian sekitar 1500 meter di atas permukaan laut. Ciri khasnya, kopi Sidikalang memiliki aroma tak terlalu kuat dengan cita rasa sedikit manis.

Kopi Sidikalang cocok dinikmati oleh para penikmat kopi yang tak terlalu suka cita rasa kopi yang kuat. Jenis kopi ini juga terbilang masih aman dikonsumsi oleh mereka yang memiliki masalah lambung.

Baca Juga: 5 Kopi Terbaik dari Daerah Asal Organisasi Sumpah Pemuda

2. Kopi Mandailing

kopi mandailingkopi mandailing Foto: Istimewa


Kopi Mandailing juga tak kalah terkenal. Kopi ini bahkan selalu masuk daftar kopi yang layak dicoba penikmat kopi.

Prestasi kopi Mandailing adalah disebut sebagai salah satu kopi dengan cita rasa terbaik karena memiliki tingkat kekentalan tinggi dan rasa floral dengan after taste yang manis. Kopi ini juga memiliki kadar keasaman yang tidak terlalu kuat.

Kopi Mandailing bahkan sudah tembus pasar ekspor yang dikirim hingga ke Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan. Diperkenalkan pada tahun 1883 oleh Belanda, Kopi Mandailing pernah dinobatkan sebagai kopi terbaik dengan harga tertinggi di pasar internasional.

Baca Juga: Masyarakat Batak Harus Sajikan Kopi untuk Tamu, Ini Kata Pakar Kuliner

3. Kopi Tarutung

A cup of esprJumlah Kalori Secangkir Kopi Hitam, Kopi Sehat yang Kaya Manfaatesso black coffeeSecangkir Kopi Hitam Foto: Getty Images/iStockphoto/MarioGuti


Dari Tarutung, Tapanuli Utara ada kopi Tarutung yang juga tak kalah nikmat. Di sini sebagian besar warganya berprofesi sebagai petani kopi.

Istimewanya, kopi Tarutung ini memiliki ciri khas dari rasa dan aroma. Untuk aroma, kopi ini memiliki wangi yang bermacam-macam dengan pengaruh tanaman yang tumbuh di sekitar biji kopi.

Sementara itu, kopi Tarutung memiliki aroma yang didominasi rasa pahit, asam, dan gurih yang memiliki sensasi nikmat bagi pencinta kopi.

Sumatera Utara juga punya biji kopi nikmat lain yang layak dicoba. Ada kopi Sipirok dan Lintong dengan keistimewaannya masing-masing.

Baca artikel selengkapnya DI SINI.

Baca Juga: Lima Varian Kopi Asal Sumut, Punya Rasa Khas yang Bikin Ketagihan



Simak Video "Berawal dari Hobi Gowes, Sekalian Usaha Kopi Pakai Sepeda"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT