5 Fakta Biji Kopi Aceh Gayo yang Kini Populer di Dunia

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

5 Fakta Biji Kopi Aceh Gayo yang Kini Populer di Dunia

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 02 Jul 2022 08:00 WIB
5 Fakta Biji Kopi Aceh Gayo yang Kini Populer di Dunia
Foto: Getty Images/iStockphoto/Narong KHUEANKAEW
Jakarta -

Biji kopi single origin yang berasal dari banyak daerah di Indonesia punya karakter unik. Salah satunya adalah biji kopi Aceh Gayo yang jadi salah satu kopi populer di dunia.

Selain dikenal sebagai rempah-rempahnya yang menarik perhatian penjajah di masa lampau, Indonesia ternyata juga kaya akan berbagai jenis biji kopinya.

Biji-biji kopi single origin ini tersebar mulai dari timur hingga barat. Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki biji kopi single origin yang punya karakter unik.

Salah satunya adalah provinsi Aceh yang dikenal dengan produk biji kopi Aceh Gayo. Biji kopi asal Indonesia ini bahkan menjadi salah satu yang paling populer di pasar kopi dunia.

Berikut ini 5 fakta biji kopi Aceh Gayo yang dirangkum dari beberapa sumber:

5 Fakta Biji Kopi Aceh Gayo yang Kini Populer di DuniaBiji kopi pertama kali hadir di Tanah Gayo pada abad ke-17 masehi dibawa oleh pemerintah Hindia Belanda. Foto: Getty Images/iStockphoto/Narong KHUEANKAEW

1. Ditanam sejak abad 17

Pada masa penjajahan, pemerintah Belanda datang ke tanah Jawa dengan membawa biji kopi sekitar abad ke-17 masehi. Perkembangan tanaman kopi yang masif membuat pemerintah Hindia Belanda akhirnya memutuskan untuk membawa biji kopi merambah pulau Sumatera.

Pemerintah Hindia Belanda akhirnya tiba di Tanah Gayo dan mulai menanam tanaman kopi pertama di daerah Aceh. Melihat keberhasilan komoditas biji kopi yang tinggi membuat para petani lokal lebih tertarik untuk menanam kopi dibandingkan rempah-rempah seperti merica atau teh.

Kopi Aceh Gayo akhirnya diminati oleh masyarakat Hindia Belanda di Indonesia dan sedikit-sedikit mulai dibawa untuk dipasarkan di Eropa. Hingga akhirnya perkembangan tanaman Aceh Gayo ini berhasil diproduksi dengan stabil sejak tahun 1920an.

2. Populer di pasar kopi dunia

Setelah berhasil dibawa di Eropa dan mendapatkan peminat yang tinggi, biji kopi Aceh Gayo akhirnya mulai merambah ke beberapa negara. Biji kopi Aceh Gayo ini bahkan kini sudah diekspor ke seluruh negara-negara bagian Eropa, Amerika Utara, Asia hingga Pasifik.

Saat ini, di Indonesia sendiri biji kopi Aceh Gayo dipatok dengan harga Rp 190.000 per kilogramnya. Sedangkan untuk harga di pasar kopi internasional, Aceh Gayo pernah mencetak rekor yang fantastis.

Sebuah perusahaan pembeli asal Jepang pernah memenangkan lelang untuk 1 kilogram Aceh Gayo seharga Rp 2,3 juta. Pada awal tahun ini Andi Widjaya selaku Koordinator Cup of Excellence Indonesia mengatakan bahwa seorang petani bernama Dilen Ali mendapatkan keuntungan besar setelah biji kopinya dibeli oleh perusahaan bernama Wataru.

Fakta menarik lainnya tentang biji kopi Aceh Gayo bisa dilihat pada halaman selanjutnya.



Simak Video "Jejak Gado-gado Legendaris di Cikini"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT