Resep Menu Diet Seminggu yang Bisa Dicoba di Rumah

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 26 Sep 2020 06:00 WIB
Healthy lifestyle. Good life. Organic food. Vegetables. Close up portrait of happy cute beautiful young woman while she try tasty vegan salad in the kitchen at home. Resep menu diet seminggu. Foto: iStock
Jakarta -

Resep menu diet seminggu ini bisa kamu coba. Setiap harinya tentu tak boleh ketinggalan buah-buahan dan sayuran. Karena diet sehat juga berarti daftar makanan harus memiliki gizi atau nutrisi seimbang yang dibutuhkan tubuh.

Salah satu faktor terpenting dalam membuat menu diet ialah teknik memasaknya. Contohnya teknik memasak dengan cara digoreng justru dapat membuat asupan lemak bertambah. Untuk itu, pilihlah menu yang dibuat dengan cara dikukus atau ditumis. Selain itu kurangi juga konsumsi gula dan garam.

Berikut ini resep menu diet seminggu yang bisa dicoba:

1. Hari Pertama

Hari pertama diet, kamu bisa mencoba beberapa resep. Untuk sarapan cobalah konsumsi satu lembar roti gandum yang diberi putih telur. Makan siang bisa dengan memanggang ikan salmon dengan teflon anti lengket dan bisa dinikmati bersama dengan enam sendok makan.

Makan malam bisa dengan caesar salad yang dibuat dengan campuran lettuce, kale, kacang panggang dan roti panggang. Kalau tertarik mencoba bisa cek resepnya di sini.

2. Hari Kedua

Menu diet seminggu tanpa nasi bisa kamu coba. Di hari kedua, kamu dapat mencoba sarapan dengan menikmati smoothies pisang dan nanas. Smoothies ini sangat mengenyangkan dan mengandung vitamin serta mineral. Resep smoothiesnya ada di sini.

Sedangkan untuk makan siang bisa mencoba ayam panggang rempah. Namun dalam proses pemasakannya, sebaiknya gunakan minyak hanya 1/2 sendok makan. Resepnya bisa klik di sini. Ayam panggangnya dapat dinikmati dengan nasi ataupun kentang kukus.

Untuk makan malam bisa menikmati pepes ikan kakap. Rasanya gurih dan pedas, sangat cocok dinikmati dengan nasi hangat. Resepnya ada di sini.

3. Hari Ketiga

Sedang tak ingin konsumsi daging? Kamu bisa mencoba beberapa makanan khas vegan. Cara membuat menu diet seminggu tanpa daging bisa memanfaatkan sayur dan buah. Pilihan sarapannya bisa satu buah pir atau apel.

Kemudian makan siangnya kamu dapat membuat sayur asem dengan lauk pepes ikan atau ayam. Dan makan malamnya bisa sayur bening bayam dengan campuran wortel dan jagung.

4. Hari Keempat

Resep menu makanan sehat untuk seminggu tidaklah sulit. Tak semua makanan sehat memiliki rasa yang tak enak. Dalam resep menu diet seminggu ini, kamu bisa menikmati sarapan berupa sandwich roti gandum dengan isian telur dan almond dengan resep ini.

Sedangkan untuk makan siangnya bisa hot pot ayam dengan campuran sayuran dan tofu dengan resep ini. Jika penggunaan sayurannya banyak, kamu tak perlu menambahkan nasi karena sudah cukup mengenyangkan. Untuk makan malamnya bisa menikmati sate lilit ayam khas Bali dengan resep ini.

5. Hari Kelima

Mau tetap berdiet tapi ingin menikmati sajian khas Korea? Kamu bisa melihat beberapa resep ini. Sarapannya bisa dengan menu dolsot bibimbap yang perlu disesuaikan penggunaan minyaknya jangan terlalu banyak. Sajian ini terdiri dari beragam sayuran enak seperti jamur shitake, wortel, timun dan telur ayam. Resepnya ada di sini.

Dan saat makan siang bisa menikmati sup tofu kimchi yang dibuat dengan campuran gochujang. Dan untuk makan malam bisa menikmati sup ayam Korea yang sangat enak disantap saat cuaca dingin. Sup ayam muda dengan campuran ginseng ini bisa dibuat sendiri di rumah. Lihat resepnya di sini.

6. Hari Keenam

Tak punya banyak waktu memasak? Saat berdiet kamu bisa menikmati beragam salad sayuran yang dicampurkan dengan telur ataupun daging ayam. Salad untuk sarapan bisa Thai chicken salad yang dibuat dengan daging ayam panggang dengan paduan sayuran segar. Lihat resepnya di sini.

Sedangkan untuk makan siang bisa menikmati selada edamame dan mentimun. Sajian segar ini cocok dinikmati untuk mengontrol berat badan karena edamame yang renyah dan tinggi protein serta lettuce yang segar. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Klik resepnya di sini.

Dan untuk malam malam, salad buah bisa jadi pilihan. Racikan buah apel yang kaya serat serta anggur yang tinggi antioksidan bisa kamu nikmati sebagai makan malam. Yuk, cek resepnya di sini.

7. Hari Ketujuh

Menu sup ternyata menjadi salah satu menu yang cocok lho untuk berdiet. Ketika sarapan kamu bisa memilih untuk konsumsi buah yang mengenyangkan seperti pepaya atau pisang dengan tambahan susu low fat.

Makan siang bisa dengan sup daging kacang merah yang dibuat dengan campuran kacang merah, wortel dan daun bawang. Sup ini mengandung serat yang cukup banyak sehingga bisa kenyang lebih lama. Resepnya ada di sini.

Dan untuk makan malam bisa mencoba hidangan sup yang lebih sehat dan rendah kalori. Sup ikan dan tofu ini memiliki rasa gurih dan sedikit asam. Sup ini menggunakan ikan kakap dan sawi asin. Penasaran dengan resepnya? Lihat di sini.

Resep menu diet sehat seminggu ini bisa jadi referensi menu saat sedang turunkan berat badan.





Simak Video "Resep Berbuka Puasa: Tumis Cumi Petai "
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)