ADVERTISEMENT

Menu Harian Ramadan ke-7: Segarnya Garang Asem Iga hingga Puding Roti Tawar untuk Berbuka

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 09 Apr 2022 08:00 WIB
A serving dish of delicious bread pudding
Foto: Getty Images/iStockphoto/MSPhotographic
Jakarta -

Garang asem iga bisa jadi ide menu sahur yang segar nikmat. Lanjut waktu berbuka, kamu bisa bikin takjil puding roti tawar dan menu nasi goreng ebi.

Olahan daging sapi dengan bumbu yang asam, manis dan segar paling cocok untuk membuat mata melek saat sahur. Garang asem iga bisa menjadi solusi untuk menyegarkan tubuh agar semangat santap sahur. Ditambah dengan paduan nasi putih hangat, rasanya semakin sempurna.

Untuk membuat takjil kamu bisa menggunakan bahan-bahan yang sederhana. Misalnya puding roti tawar yang lembut manis ini. Kamu juga bisa menambahkan berbagai isian hingga topping yang disukai.

Makan malamnya disambut dengan nasi goreng yang gurih pakai campuran ebi. Gurih hangat dari nasi goreng akan mengenyangkan dan cocok untuk mengembalikan energi tubuh setelah berpuasa seharian penuh.

Baca juga: Hati-hati! 7 Kebohongan pada Label Makanan Ini Bisa Bikin Pembeli Terkecoh

Berikut ini ide kreasi menu harian Ramadan untuk sajian lezat bersama keluarga di rumah:

garang asem iga sapiAsam, manis dan segar dari garang asem iga sapi ini cocok untuk membangkitkan selera makan saat sahur. Foto: Ari Saputra/detikcom

1. Garang Asem Iga

Jika ingin hidangan daging yang berkuah dan menyegarkan, ada sajian selain soto. Rasanya yang merupakan perpaduan dari asam, manis dan gurih ini paling cocok untuk disajikan saat sahur untuk membangkitkan selera makan.

Bernama garang asem, hidangan ini memang dikenal sebagai makanan yang mouthwatering atau memancing kelenjar ludah sehingga meningkatkan selera makan. Menggunakan daging iga yang telah direbus hingga empuk sebelumnya, garang asem iga ini cocok untuk dipadukan dengan nasi putih.

Bahkan jika kamu pecinta pedas, tingkat kepedasannya juga bisa disesuaikan dengan selera. Jika ingin coba membuatnya kamu bisa meniru resep garang asem iga di sini.

Baca juga: Menu Harian Ramadan ke-6: Lahap Makan Ayam Kecap dan Segarnya Es Campur Buat Buka

2. Puding Roti Tawar

A serving dish of delicious bread puddingLembut manis puding roti tawar bisa dijadikan takjil dengan kreasi warna atau topping tambahan. Foto: Getty Images/iStockphoto/MSPhotographic

Untuk memproduksi kembali energi yang hilang, hidangan yang manis lembut harus selalu ada pada saat berbuka puasa. Jika tak ingin repot, ada puding roti tawar yang bisa dibuat sederhana di rumah.

Puding roti tawar ini juga bisa dibuat dengan berbagai variasi seperti penggunaan warna-warna yang menarik hingga topping yang menggiurkan. Membuat puding roti tawar dalam berbagai warna juga dijamin akan meningkatkan semangat anak saat berbuka puasa.

Manisnya puding roti tawar juga cenderung lebih seimbang dan tidak berlebihan bagi mereka yang kurang begitu menyukai makanan manis. Resep puding roti tawar bisa kamu contek di sini.

3. Nasi Goreng Ebi

Nasi Goreng EbiGurih lezat nasi goreng ebi yang disantap selagi hangat manjur untuk membantu mengembalikan energi setelah berpuasa seharian penuh. Foto: Getty Images/iStockphoto/lovelypeace

Jika di hari biasa nasi goreng disajikan untuk waktu sarapan, hidangan yang sederhana namun lezat rasanya ini bisa menjadi sajian makan malam yang nikmat. Berbagai bahan campuran bisa ditambahkan untuk membuat nasi goreng semakin lezat rasanya.

Salah satu racikan nasi goreng yang sederhana tetapi gurihnya tak terkalahkan adalah nasi goreng ebi. Aroma ebi dan bumbu racikan yang harum akan mampu memancing selera makan untuk makan malam setelah menikmati takjil yang manis.

Hidangan nasi goreng ebi ini juga cocok untuk dinikmati seluruh anggota keluarga terlebih selagi hangat. Resepnya mudah, tinggal ikuti langkah di sini.

Baca juga: Saat Imsak atau Subuh? Ini Waktu yang Tepat untuk Berhenti Sahur



Simak Video "Kastangel hingga Putri Salju Paling Banyak Diburu Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT