ADVERTISEMENT

Menu Harian Ramadan ke-6: Lahap Makan Ayam Kecap dan Segarnya Es Campur Buat Buka

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 08 Apr 2022 08:00 WIB
es campur
Foto: iStock
Jakarta -

Paduan ayam dengan bumbu kecap paling enak disantap saat sahur. Ketika buka puasa, waktunya membasuh tenggorokan dengan es campur dan lezatnya capcay.

Lembutnya daging ayam cocok untuk diolah dengan berbagai bumbu spesial. Salah satunya dengan bumbu kecap yang manis gurih untuk dinikmati bersama seluruh anggota keluarga di rumah. Pembuatannya yang bisa dilakukan dengan cepat membuat menu ini bisa menjadi ide lauk untuk sahur.

Berbuka puasa saatnya menyantap hidangan yang dingin, manis dan menyegarkan. Es campur yang penuh dengan potongan buah bernutrisi paling cocok disuguhkan saat azan Maghrib terdengar. Perpaduan potongan buah, kental manis, dan sirup membuat rasanya sempurna.

Saat makan malam, tetap sajikan menu sayuran bergizi yang lezat rasanya. Capcay dengan beragam isian cocok untuk menyegarkan tubuh setelah berpuasa seharian penuh.

Baca juga: Menu Harian Ramadan ke-5: Pedas Nagih Tongkol Suwir Pedas dan Ayam Goreng Mentega Buat Buka

Berikut ini ide menu harian Ramadan yang nikmat untuk disantap bersama keluarga:

A bowl of delicious honey garlic chicken drumsticks with rice.Manis legit ayam dengan bumbu kecap cocok untuk santapan sahur bersama keluarga. Foto: Getty Images/iStockphoto/Fudio

1. Ayam Kecap

Tidak hanya manis rasanya, ayam kecap punya cita rasa gurih dari berbagai bumbu dapur yang digunakan. Rasa ayam kecap yang manis legit juga cocok untuk membangkitkan selera makan saat dini hari di waktu sahur.

Proses pembuatannya yang mudah membuat memasak ayam kecap menjadi jawaban untuk masak dengan cepat walaupun sahur kesiangan. Dipadukan dengan nasi putih hangat, manis legit dari bumbu kecapnya akan menyatu dengan sempurna saat dikunyah.

Ayam kecap juga bisa dibuat menjadi beberapa variasi. Mulai dari ayam kecap yang sederhana hingga ayam kecap khas Singapura yang tidak kalah lezat. Jika ingin mencobanya bisa melihat resep ayam kecap di sini.

Baca juga: Disambut Meriah! Nenek 92 Tahun Ini Kembali Buka Kedai Mie Usai 'Cuti'

2. Es Campur

es campurSegarnya es campur menjadi sajian tepat untuk melepas dahaga setelah adzan Maghrib berkumandang. Foto: iStock

Selain makanan yang manis, es yang menyegarkan juga paling ideal untuk disajikan saat berbuka puasa. Salah satu yang terkenal enak, es campur.

Es campur bisa dibuat dengan potongan buah yang segar maupun berbagai bahan-bahan yang manis. Es campur selain dibuat dengan potongan buah bisa juga diracik dengan roti, cendol, sagu mutiara, hingga cincau yang lembut.

Meracik es campur di rumah juga bisa dilakukan bersama keluarga sebagai solusi ngabuburit saat malas keluar rumah. Jika ingin mencoba membuat es campur yang manis menyegarkan kamu bisa melihat resepnya di sini.

3. Capcay

Resep Capcay Telur DadarGurih hangat capcay dengan sedikit kuah yang kental bisa menjadi lauk pelengkap saat makan malam setelah puas makan takjil. Foto: iStock

Menjadi menu yang paling banyak dicari di restoran Chinese food, kelezatan capcay memang tidak bisa ditandingi. Hidangan yang terbuat dari racikan sayur-sayuran ini memiliki sedikit kuah yang kental dan gurih rasanya.

Tidak perlu memesan atau membelinya mahal-mahal di restoran, capcay juga bisa dibuat dengan lezat di rumah. Menu capcay ini cocok untuk makan malam yang gurih lezat dan bernutrisi bersama keluarga di rumah.

Berbagai bahan juga bisa ditambahkan untuk membuat capcay menjadi lezat dan sesuai dengan selera seluruh anggota keluarga. Jika penasaran ingin membuat capcay selezat restoran Chinese food, resepnya bisa kamu contek di sini.

Baca juga: Gawat! Salt Bae Keluhkan Persediaan Garamnya Menipis



Simak Video "Kastangel hingga Putri Salju Paling Banyak Diburu Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT