Menu Harian Ramadan ke-5: Pedas Nagih Tongkol Suwir Pedas dan Ayam Goreng Mentega Buat Buka

ADVERTISEMENT

Menu Harian Ramadan ke-5: Pedas Nagih Tongkol Suwir Pedas dan Ayam Goreng Mentega Buat Buka

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 07 Apr 2022 08:00 WIB
Delicious fried chicken butter in Indonesia called ayam goreng mentega, in white plate on wooden background
Foto: Getty Images/iStockphoto/Muhammad Senopati
Jakarta -

Ikan tongkol bisa diolah menjadi tongkol suwir pedas yang enak untuk menu sahur. Takjilnya berupa kolak ubi, disusul dengan ayam goreng mentega yang gurih nagih.

Harga yang murah dan mudah diolah membuat ikan tongkol cocok untuk disajikan sehari-sehari. Pada saat bulan Ramadan dan tidak punya waktu banyak, ide olahan tongkol juga bisa menjadi jawaban. Salah satunya dengan tongkol suwir pedas yang bisa disimpan berhari-hari untuk pelengkap makan sahur.

Selain itu, buka puasa dengan takjil manis yang menyegarkan juga tidak pernah salah. Jika bosan dengan kolak pisang, kamu bisa mencoba kolak ubi sebagai selingan. Tidak kalah enaknya, potongan ubi yang direbus dalam gula merah akan terasa nikmat untuk membatalkan puasa.

Agar lebih sempurna, makan malamnya pakai ayam goreng mentega. Rasanya yang gurih bikin siapapun yang makan ayam goreng mentega dengan nasi putih hangat bisa terus ketagihan.

Baca juga: Gawat! Salt Bae Keluhkan Persediaan Garamnya Menipis

Berikut ini ide menu harian Ramadan untuk menemani waktu sahur hingga berbuka puasa bersama keluarga:

Pampis Ikan Tongkol, a traditional seafood dish from Manado, Sulawesi. Shredded mackerel fish cooked in spicy spice mixture, then garnished with red chili pepper and lime halves. The food is plated on a leaf-shaped ceramic plate that has been lined with a banana leaf of similar size. The plate is arranged on a tray lined with a straw mat. Accompanied with fried tempeh (soybean cakes).Olahan tongkol suwir pedas ini bisa dibikin menjadi lebih kering dan awet hingga beberapa hari untuk menu sahur yang sederhana. Foto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008

1. Tongkol suwir pedas

Ikan tongkol menjadi jenis ikan yang hampir setiap hari ada di pasar dan harganya relatif terjangkau. Di tengah gempuran harga bahan pangan yang naik, bahan-bahan murah seperti ikan tongkol ini cocok untuk disimpan sebagai persediaan.

Tidak hanya digoreng atau dimasak dengan cabai saja, ikan tongkol juga bisa diolah menjadi tongkol suwir yang tidak kalah nikmat. Sajian tongkol suwir untuk sahur ini juga bisa menjadi solusi bagi mereka yang tidak punya waktu banyak untuk menyiapkan makan sahur.

Menu tongkol suwir pedas yang dimasak hingga kering bisa saja disimpan selama beberapa hari dan langsung dibuka ketika ingin disantap. Mudah dan murah pembuatannya untuk resepnya kamu juga bisa langsung melihatnya di sini.

Baca juga: Disambut Meriah! Nenek 92 Tahun Ini Kembali Buka Kedai Mie Usai 'Cuti'

2. Kolak ubi

Kolak Ubi Nangka, Indonesian dessert, made from Sweet potato and Jack fruit cooked with palm sugar, coconut milk, pandanus leaves. Very popular during Ramadhan. Clean Yellow backgroundJika bosan dengan kolak pisang, kamu bisa menggunakan potongan ubi yang tak kalah lembut dan manis. Foto: Getty Images/iStockphoto/DwiMulyani

Layaknya makanan khas berbuka puasa yang tidak boleh terlewatkan, kolak selalu dicari ketika bulan Ramadan datang. Berbagai jenis kolak bisa dibuat dengan mudah di rumah sambil menunggu adzan maghrib terdengar.

Jika ingin yang sederhana tetapi bosan dengan kolak pisang kamu bisa mencoba kolak ubi. Ubi yang hanya butuh dipotong-potong dan direbus dalam gula merah ini akan menjadi empuk ketika matang dan siap dihidangkan untuk takjil berbuka puasa.

Kolak ubi juga bisa dibikin lebih menarik misalnya dengan menggunakan dua jenis ubi yang memiliki warna berbeda. PErpaduan ubi jalar dan ubi ungu akan menjadi begitu menarik jika disajikan sebagai takjil yang resepnya bisa dilihat di sini.

3. Ayam goreng mentega

Delicious fried chicken butter in Indonesia called ayam goreng mentega, in white plate on wooden backgroundAyam goreng mentega bisa menjadi sajian lainnya dengan berbahan dasar daging ayam agar tak bosan. Foto: Getty Images/iStockphoto/Muhammad Senopati

Walaupun harganya ikut naik, tetapi daging ayam menjadi protein yang masih bisa dijangkau oleh masyarakat. Terdengar membosankan, daging ayam sebenarnya cukup mudah untuk diolah dengan berbagai jenis bumbu.

Mulai dari ayam goreng ketumbar, ayam bakar atau bahkan ayam goreng mentega yang gurihnya bikin nagih. Hidangan ayam goreng mentega yang biasanya menjadi andalan di banyak restoran Chinese food ternyata juga bisa dihadirkan di rumah dengan rasa yang tidak kalah enaknya.

Bahan-bahan yang bisa didapatkan dengan mudah dan pengolahan daging ayam yang tidak membutuhkan penanganan khusus membuat menu ini paling sederhana untuk dibuat sebagai sajian makan malam setelah berbuka puasa. Jika ingin membuktikan kelezatannya, kamu bisa membuatnya dengan mencontoh resep ayam goreng mentega di sini.

Baca juga: Kata MUI soal Unsur Haram dalam Warna-warni Makanan



Simak Video "Resep Bakso dan Pangsit Udang untuk Hidangan saat Ramadan"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT