Slurpp! Ini Resep Es Campur yang Legit dan Segar

Tim detikFood - detikFood Jumat, 08 Mar 2019 14:35 WIB
Slurpp! Ini Resep Es Campur yang Legit dan Segar/Foto: iStock Slurpp! Ini Resep Es Campur yang Legit dan Segar/Foto: iStock
Jakarta - Es campur merupakan es favorit di Indonesia. Diracik dari buah yang direndam dalam kuah manis legit berbahan santan hingga susu kental manis.

Berbeda dengan es buah, bahan-bahan dalam es campur tidak hanya buah. Ada bahan-bahan lain seperti sagu mutiara, roti, cendol, kolang-kaling, tape singkong, dan lainnya. Sementara kuah sirupnya juga memiliki varian hanya dengan sirup atau menggunakan santan kelapa.

Di beberapa daerah terdapat berbagai campuran untuk bahan es campur. Jadi, jangan heran jika menemukan es campur dengan varian berbeda.

Es campur paling pas dinikmati saat panas terik. Selain menyegarkan, racikan es campur juga bisa bikin kenyang karena banyak campuran di dalamnya. Es campur mudah ditemui di beberapa penjaja rumah makan atau penjaja es pinggir pinggir jalan

Kalau mau membuat es campur sendiri juga mudah, hanya saja perlu memperhatikan beberapa hal. Masalah paling umum adalah kuah santan pecah dan salah memilih buah.



Tips dan Trik Memasak Santan Es Campur

Pada es campur tradisional, penggunaan santan adalah ciri dari sajian es satu ini. Santan atau sari pati buah kelapa tua ini memiliki rasa gurih dan manis. Memasak santan memiliki kesulitan tersendiri karena jika salah santan bisa pecah dan menggumpal. Hal ini membuat rasa dan penampilan es campur berubah. Tampilannya pun jadi kurang menarik.

Sebenarnya ada cara agar santan tidak pecah yang dapat Anda coba. Pertama yang perlu Anda tahu saat memasak santan yaitu tidak boleh ditinggal.

Anda harus mengaduknya terus-menerus secara konsisten. Pastikan santan benar-benar mendidih sebelum Anda mematikan api. Jika cara mengaduk santan secara terus-menerus cukup sulit, Anda dapat mencoba cara kedua yaitu mencampurkan sedikit tepung beras. Sedikit saja, agar tidak memengaruhi rasa. Sebelum memasak, aduk campuran hingga merata.

Cara selanjutnya adalah jika Anda memisahkan perasan santan kental dan encer. Saat memasak Anda harus memasukkannya satu per satu. Pertama, masukkan santan encer lalu masak hingga mendidih.

Masukkan campuran masakan lain jika ada yang baru kemudian masukkan santan kental. Memasukkan santan kental secara perlahan sembari terus diaduk agar tidak pecah. Paling penting dalam proses memasak santan agar tidak pecah adalah memastikan api dalam keadaan kecil. Api yang menyala terlalu besar akan mudah membuat santan menggumpal. Jadi pastikan api selalu kecil karena jika santan pecah rasa dan tampilan masakan menjadi kurang enak dan menarik lagi.

Tips Memilih Buah untuk Es Campur

Memilih buah untuk campuran es campur spesial sama seperti memilih buah untuk sajian jus dan es buah lainnya. Buah yang tepat akan memaksimalkan rasa masakan anda. Nah yang penting adalah mengukur tingkat kematangan buah. Jangan memilih buah yang terlalu muda karena rasanya cenderung masam. Hindari pula menggunakan buah terlalu masak yang mungkin akan busuk dan rasanya kurang enak.

Selain tingkat kematangan, untuk memastikan sajian es campur jadi menarik, Anda dapat memadukan warna buah yang berbeda agar lebih berwarna- warni. Buah yang sering digunakan dalam campuran es campur biasanya alpukat. Buah satu ini memiliki rasa yang gurih sehingga cocok untuk sajian es campur dengan santan. Pastikan alpukat yang digunakan sudah empuk dan matang. Buah selanjutnya adalah nangka. Buah dengan aroma yang sangat kuat ini tidak terlalu sulit mendapatkannya. Karena selain tekstur rasa buah tidak berubah, Anda dapat memilih buah yang masih segar agar lebih awet disimpan.

Berikutnya pemilihan buah kelapa muda untuk campuran es campur. Pastikan untuk tidak memiih buah kelapa terlalu tua karena akan bertekstur keras. Rasanya juga kurang nikmat karena tidak manis lagi. Anda juga bisa menambahkan varian buah lainnya yang anda sukai.



Resep Es Campur

Ada banyak resep membuat es campur dari berbagai daerah. Apalagi saat ini kian banyak inovasi yang membuat kreasi es campur dan makanan lainnya menjadi kian kekinian. Berikut adalah resep es campur tradisional menggunakan santan dengan tambahan buah segar. Buah-buahan dan bahan lainnya dapat Anda ganti dengan lainnya sesuai selera.

Bahan-bahan:

1. Es batu untuk disajikan potongan kecil dan diserut.
2. 2 buah alpukat kualitas bagus, kerok, lalu ambil daging buahnya.
Daging kelapa muda yang sudah dikerok banyaknya sesuai selera.

3. Jika suka tambahkan strawberry segar kemudian potong kecil
4. Nangka segar yang sudah dikeluarkan bijinya lalu potong-potong kecil.
5. Siapkan kolang-kaling dan kacang merah yang sudah dicuci bersih
6. Siapkan cendol hijau segar
7. Potong- potong kotak kecil cincau hitam.
8. Siapkan santan 500 ml. Lebih baik jika santan perasan (lebih gurih dan legit) atau boleh santan kemasan.
9. Siapkan sirup dengan rasa sesuai selera dan krim kental manis sesuai selera.

Cara Membuat Es Campur

Langkah pertama adalah menyiapkan santan dengan cara direbus dahulu dengan api yang kecil, sambil tetap diaduk perlahan supaya santan tidak pecah. Aduk hingga mendidih lalu matikan api kompor dan angkat santan.

Masukkan satu persatu bahan campuran dalam mangkuk atau gelas saji. Pastikan semua bahan masuk dan atur supaya rapi dan menarik. Tambahkan sirup terlebih dahulu dan kemudian santan untuk kuahnya. Terakhir masukkan es serut atau es kristal di bagian paling atas lalu tuang topping dengan susu kental manis di atasnya. Es campur spesial sudah siap disajikan.

Es campur ini lebih enak ketika baru saja dibuat dalam keadaan dingin. Apalagi diminumnya bersama keluarga atau teman-teman. Coba juga aneka kreasi es campur dari berbagai daerah serta varian inovasi es campur yang kian kekinian. Anda juga bisa mencoba membuat kreasi sendiri dengan buah favorit.

Masih ada banyak varian resep es campur yang ternyata memiliki ciri khas di tiap daerah di Indonesia. Di Jakarta es campur disajikan dengan tambahan tape singkong, di Jawa Barat ditambah jelly siap saji dan sagu mutiara. Di Solo terlihat seperti cendol karena memang dominan isian cendol hanya dengan kuah yang lebih encer. Di Surabaya isinya terbilang lengkap ditambah dengan blewah.

Pastinya masih banyak varian di berbagai daerah. Karena itu tidak dapat dipastikan dari mana asal dari minuman tradisional yang segar ini. Yang pasti dari manapun asalnya, es campur telah menjadi kekayaan kuliner Indonesia yang telah diakui dunia.

Jangan lupa konsumsi buah karena ada banyak manfaat mengonsumsi buah untuk tubuh. Tidak masalah mengonsumsinya langsung maupun diolah terlebih dahulu. Asalkan buah masih dalam keadaan segar tidak berkurang kadar vitaminnya.

Nah, untuk pilihan lain, Anda bisa bikin es campur buah susu dengan resep detikFood ini. Selamat mencoba! (nwy/adr)