Menu Harian Ramadan Ke-4: Sup Timun Ayam Cincang yang Segar dan Lembutnya Singkong Thailand

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 06 Apr 2022 08:00 WIB
Singkong thailand, sweet cassava, made of boiled cassava, sugar and coconut milk. Served in bowl and pandan leaf, selective focus and blurred background.
Foto: Getty Images/iStockphoto/Tyas Indayanti
Jakarta -

Olahan timun dan ayam cincang enak untuk dijadikan menu sahur. Setelah magrib, sajikan singkong Thailand yang lembut dan pepes ikan kembung yang nikmat.

Sahur paling enak jika dihidangkan sayuran yang menyegarkan di tenggorokan. Perpaduan antara timun dan ayam cincang ternyata lezat untuk sahur dan bergizi untuk tubuh.

Ketika mendengar kumandang azan magrib, enaknya mencicipi makanan manis. Olahan singkong yang mudah didapatkan bisa menjadi ide spesial untuk sajian takjil bersama keluarga. Terinspirasi dari jajanan yang sempat viral, singkong Thailand ini cocok untuk membatalkan puasa.

Menjelang makan malam, cocoknya menyajikan lauk yang lezat menggugah selera. Olahan ikan kembung dengan bumbu merah yang dipepes dengan daun pisang akan semakin lezat jika disajikan bersama nasi putih hangat.

Baca juga: Gawat! Salt Bae Keluhkan Persediaan Garamnya Menipis

Berikut ini ide menu harian Ramadan untuk santap lezat bersama keluarga:

Resep Sup Timun Ayam CincangTinggi kadar airnya dan bergizi, menu sup timun dengan isian ayam cincang ini cocok untuk disajikan saat sahur. Foto: iStock

1. Sup Timun Ayam Cincang

Sayuran yang tinggi akan kandungan airnya begitu disarankan untuk disajikan sebagai santapan sahur. Kandungan air yang kaya akan membantu mencegah tenggorokan menjadi kering selama berpuasa.

Salah satu sayuran yang direkomendasikan adalah sayur timun yang segar. Agar tidak membosankan, kamu bisa menambahkan ayam cincang sehingga nutrisinya menjadi lebih lengkap.

Cara membuatnya pun cukup mudah sehingga mencegah sahur kesiangan. Timun yang sudah dibersihkan bijinya bisa langsung dimasukkan dengan daging ayam yang sudah dicincang. Jika ingin mencobanya kamu bisa contek resepnya di sini.

Baca juga: Menu Harian Ramadan ke-2: Hangatnya Sup Kimlo dan Sate Ayam untuk Sahur dan Buka

2. Singkong Thailand

Singkong thailand, sweet cassava, made of boiled cassava, sugar and coconut milk. Served in bowl and pandan leaf, selective focus and blurred background.Lembut manis singkong Thailand yang pernah viral ini bisa menjadi ide untuk takjil saat berbuka. Foto: Getty Images/iStockphoto/Tyas Indayanti

Mudah dan murah untuk didapatkan, olahan singkong bisa menjadi takjil yang lezat untuk berbuka puasa di sore hari. Sempat viral karena rasanya yang manis lezat, singkong bisa diolah menjadi singkong Thailand yang nikmat.

Bahan-bahan yang diperlukan juga tidak rumit dan bisa didapatkan di toko-toko terdekat. Hanya tinggal merebus singkong dengan air gula dan setelah matang disiram dengan santan yang gurih lembut.

Singkong Thailand yang punya tekstur empuk ini cocok untuk dinikmati berbagai usia mulai dari anak-anak hingga orang tua yang masih ikut berpuasa. Jika ingin membuat nikmatnya takjil singkong Thailand bisa mengikuti resepnya di sini.

3. Pepes Ikan Kembung Bumbu Merah

Resep Pepes Ikan KembungGurih pedas bumbu merah untuk pepes ikan kembung ini dijamin bisa membuat waktu makan malam menjadi lebih nikmat. Foto: detikfood/Odilia

Populer di kalangan lokal membuat ikan kembung seringkali dipandang sebelah mata. Tetapi siapa yang menyangka bahwa ikan kembung mengandung nutrisi yang lengkap terutama jika dinikmati setelah berpuasa seharian.

Tubuh yang dibenarkan berpuasa tanpa makan dan minum tentunya membutuhkan nutrisi untuk mengembalikan fungsinya dengan normal. Ikan kembung bisa menjadi solusi bahan makanan bernutrisi dengan harga terjangkau dan mudah untuk diolah.

Olahan ikan kembung yang paling lezat segarnya bisa dengan dipepes menggunakan bumbu merah dan kemangi yang harum. Lezatnya pepes ikan kembung bumbu merah ini akan semakin sempurna jika dinikmati dengan nasi putih hangat. Kalau tidak percaya coba saja resepnya di sini.

Baca juga: Ini 6 Tips Minum Kopi yang Aman untuk Kesehatan Selama Ramadan



Simak Video "Resep Bakso dan Pangsit Udang untuk Hidangan saat Ramadan"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)