Ini 6 Tips Minum Kopi yang Aman untuk Kesehatan Selama Ramadan

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 05 Apr 2022 05:00 WIB
Minum Kopi Hitam Terbukti Turunkan Risiko Tertular Covid-19 Foto: Getty Images/iStockphoto/STUDIO250
Jakarta -

Membuka hari dengan segelas kopi menjadi rutinitas yang dilakukan banyak orang di hari biasa. Lantas bagaimana jika ingin minum kopi selama bulan Ramadan dan tetap aman untuk kesehatan?

Konsumsi kopi banyak dikatakan ahli dapat memberikan manfaat kesehatan. Kandungan kafein dalam kopi juga mampu membantu meningkatkan energi sehingga banyak dikonsumsi sebagai pembuka hari.

Tetapi konsumsi kafein yang berlebihan juga dikatakan berkaitan dengan efek insomnia, kecemasan, detak jantung yang meningkat hingga dehidrasi. Hal ini membuat kopi begitu diwaspadai untuk dinikmati saat Ramadan dimana umat Muslim harus menjalankan ibadah puasa.

Bagi sebagian orang, meninggalkan kebiasaan minum kopi bahkan bisa saja menimbulkan gejala-gejala yang juga kurang nyaman untuk tubuh. Lantas bagaimana cara minum kopi yang tepat agar tetap aman bagi tubuh dan tidak mengganggu ibadah puasa?

Baca juga: Saat Imsak atau Subuh? Ini Waktu yang Tepat untuk Berhenti Sahur

Berikut ini 6 tips untuk tetap minum kopi selama bulan Ramadan menurut Mvslim Inspires (23/3):

ukuran cangkir pengaruhi rasa kopiAgar tidak terlalu drastis, menurunkan asupan kafein bisa dimulai dengan menggunakan cangkir kecil. Foto: iStock

1. Gunakan cangkir kecil

Jika pada hari normal kamu terbiasa minum kopi dalam porsi yang banyak, selama Ramadan sebaiknya untuk mengurangi jumlah asupan kopi harian. Bisa memulainya dengan mengonsumsi kopi pada cangkir yang lebih kecil.

Hal ini mencegah terjadinya efek konsumsi kafein berlebihan yang bisa saja menimbulkan dehidrasi. Mengganti ukuran cangkir dan mengurangi jumlah asupan kopi secara perlahan dikatakan akan sangat membantu untuk mengatur asupan kafein selama bulan Ramadan.

2. Kurangi setengah konsumsinya

Banyak orang yang membutuhkan asupan kafein lebih dari satu kali dalam sehari. Tidak hanya saat pagi hari untuk membantu meningkatkan produksi energi, tetapi juga di sore hari banyak yang akan mengonsumsi kopi kembali.

Kebiasaan ini tentunya harus mulai diperhatikan jika kamu menjalankan ibadah puasa. Cara mengatasinya adalah dengan mulai mengurangi setengah cangkir, satu cangkir hingga mengendalikan sepenuhnya. Misalnya terbiasa minum dua gelas kopi bisa mulai mengubah asupannya menjadi satu gelas dan satu cangkir kecil saja.

Baca juga: 7 Kesalahan Menyeduh Kopi Ini Bikin Rasanya Kurang Enak

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com