7 Kesalahan Menyeduh Kopi Ini Bikin Rasanya Kurang Enak

ADVERTISEMENT

7 Kesalahan Menyeduh Kopi Ini Bikin Rasanya Kurang Enak

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 28 Jan 2022 06:00 WIB
Ini Sebabnya Mengapa Banyak Orang Suka Kopi Hitam
Foto: Getty Images/iStockphoto/orinoco-art
Jakarta -

Menyeduh kopi tidak semudah seperti yang terlihat. Ternyata ada kesalahan-kesalahan yang dapat merusak kenikmatan rasa kopi dan perlu dihindari.

Walaupun terlihat mudah, menyajikan kopi yang rasa alaminya dapat diekstraksi dengan sempurna butuh trik-trik khusus. Banyak sekali kesalahan yang tanpa disadari dilakukan oleh banyak orang.

Sebagai minuman yang paling dicari ketika pagi hari, kopi bukan sekedar biji atau bubuk hitam yang diseduh dengan air panas. Jika ingin mendapatkan kopi dengan rasa yang segar dan nikmat alami, berusahalah untuk tidak menyeduh kopi sembarangan.

Penulis buku 'The Complete Idiot's Guide to Coffee & Tea, Kristine Hansen, membagikan beberapa kesalahan yang dapat merusak cita rasa kopi. Sebaiknya perhatikan tujuh kesalahan berikut dan hindari melakukannya.

Baca juga: 5 Tips Diet DJ Katty Butterfly yang Berhasil Turun BB 30 Kg

Berikut ini 7 kesalahan menyeduh kopi yang dapat merusak rasa asli kopi menurut Taste of Home (11/1):

Cara Menyeduh KopiSuhu yang optimal untuk menyeduh koi berada pada 90 hingga 94 derajat celcius. Pada suhu ini dinilai kopi dapat diekstraksi dengan maksimal. Foto: Getty Images/iStockphoto/Wachiwit

1. Tidak menggunakan air yang cukup panas

Menggunakan mesin kopi seringkali dirasa sudah cukup tepat dan sederhana untuk menyeduh kopi. Nyatanya banyak sekali mesin-mesin kopi yang dijual dipasaran tak bisa memanaskan air dengan cukup untuk menyeduh kopi secara sempurna.

Menurut Hansen, suhu air panas yang tepat untuk membuat secangkir kopi seharusnya berkisar pada 90 hingga 94 derajat celcius. Pada suhu ini dinilai rasa asli kopi dapat diekstraksi dengan sempurna sehingga akan 'keluar' cita rasanya.

2. Bubuk kopi yang sudah terlalu lama

Jika kamu bukan salah satu penggemar kopi instan, memerhatikan biji atau bubuk kopi adalah hal paling penting yang harus dilakukan. Sebaiknya belilah kopi yang masih berbentuk biji jika ingin menyimpannya dalam jangka waktu yang cukup lama.

Hansen mengungkapkan bahwa menit pertama setelah biji kopi dihaluskan maka kopi akan mulai mengeluarkan rasanya dan ketika diseduh rasa asli kopi akan semakin menipis. Terlebih ketika kamu menyimpannya dalam bentuk bubuk pada rak dapur. Hasilnya kopi akan memiliki rasa yang sudah berubah ketika diseduh.

3. Gelas saji dalam kondisi dingin

Tidak hanya suhu air yang harus cukup panas, jika ingin kopi terasa lebih nikmat sebaiknya siapkan gelas saji kopi dalam suhu yang tepat. Kamu bisa menuangkan air panas dan membiarkannya selama beberapa detik hingga gelas terasa hangat.

Gelas saji yang dingin sangat berpengaruh besar pada hasil penyeduhan kopi. Walaupun sudah menggunakan suhu air yang tepat pada saat proses penyeduhan tetapi gelas yang dingin akan menurunkan suhu kopi lebih cepat dibandingkan gelas yang lebih hangat.

Baca juga: 5 Kesalahan Meracik yang Bikin Teh Jadi Minuman Tak Sehat

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT