6 Manfaat Sehat Makan Jamur, Makanan Nabati yang Kian Digemari

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 25 Jan 2022 08:00 WIB
A nice flush of fresh organic Shiitake Mushrooms growing on Red Oak logs ready for harvest. Foto: iStock
Jakarta -

Tren makanan plant-based atau nabati semakin digemari. Jamur jadi salah satu menu favorit. Ternyata selain enak, makan jamur juga punya manfaat sehat ini.

Seiring dengan meningkatnya kesadaran akan hidup sehat, peminat pola makan sehat juga semakin banyak. Orang-orang semakin selektif dengan bahan makanan yang bakal mereka konsumsi.

Salah satu yang sedang tren adalah plant-based food atau makanan nabati. Kini banyak makanan berbahan protein hewani bahkan diciptakan penggantinya dengan bahan-bahan nabati, salah satunya jamur.

Jamur dinilai menjadi bahan nabati yang memiliki jumlah protein tinggi terlebih jika dikombinasikan dengan bahan nabati tinggi protein lainnya. Tak hanya menjadi sumber protein yang baik, ternyata konsumsi jamur menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.

Baca juga: 9 Makanan Penurun Gula Darah Secara Cepat untuk Penderita Diabetes

Berikut ini 6 manfaat makan jamur untuk kesehatan menurut Good Housekeeping (10/1):

jamur portobelloMengandung dua jenis antioksidan, konsumsi jamur dikaitkan dengan manfaat mencegah penuaan. Foto: iStock

1. Mencegah penuaan

Dalam sebuah jamur terkandung dua jenis antioksidan yang memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Kedua jenis antioksidan ini adalah ergothioneine dan glutathione yang telah terbukti berkhasiat melalui penelitian Penn State pada tahun 2017.

Saat digabungkan, keduanya mampu memberikan fungsi yang lebih kuat untuk melindungi tubuh dari stres fisiologis. Stres fisiologis yang terjadi dalam kurun waktu yang lama dan tidak segera diatasi dapat menyebabkan penuaan lebih cepat misalnya melalui tanda-tanda munculnya keriput.

2. Melindungi kesehatan otak

Sebuah penelitian jangka panjang yang dilakukan di Spanyol baru saja dirilis tahun 2021. Penelitian ini mengungkapkan beberapa makanan memiliki kandungan polifenol yang kaya. Salah satunya jamur yang efeknya mampu menangkal penurunan kognitif pada orang dewasa.

Masih memiliki kaitan dengan penemuan Penn State, kandungan polifenol yang bertemu dengan dua jenis antioksidan ini mampu menangkal penyakit Parkinson dan Alzheimer. berdasarkan hasil penemuan pada berbagai penelitian tersebut, ahli kesehatan merekomendasikan untuk mengonsumsi jamur setidaknya lima buah dalam sehari.

Baca juga: 5 Tips Diet DJ Katty Butterfly yang Berhasil Turun BB 30 Kg

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com