9 Makanan Penurun Gula Darah Secara Cepat untuk Penderita Diabetes

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 10 Jan 2021 07:00 WIB
Preparing scrambled eggs in a pan, close-up. Foto: iStock
Jakarta -

Kadar gula darah tinggi akan membahayakan kesehatan, terutama bagi penderita diabetes. Berikut ini makanan penurun gula darah untuk mengobati diabetes secara cepat.

Kadar gula darah yang terlalu tinggi adalah sebuah masalah kesehatan yang sangat buruk. Tetapi ada banyak makanan penurun gula darah yang sifatnya efisien dan cepat.

Pertama, untuk memahami mengapa kadar gula darah menjadi tinggi bisa dengan mengenali penyebabnya. Semuanya dimulai dengan insulin. Insulin adalah hormon yang masuk ke aliran darah dan memberikan nutrisi ke sel-sel sehingga gula darah tetap stabil.

Sementara insulin sering dianggap sebagai hormon negatif, sebenarnya insulin berharga dan penting bagi kesehatan. Ketika tubuh kita tidak memproduksi atau menggunakan insulin secara efisien, tubuh dapat mengembangkan resistensi insulin yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

Salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk bantu mengatur kadar insulin adalah makan secara teratur dan makan makanan sehat dan seimbang.

Mengutip dari Life Hack (6/1) berikut ini 9 makanan penurun gula darah untuk mengobati diabetes secara cepat:

1. Bayam

Baby SpinachBaby Spinach Foto: iStock

Bayam mengandung asam amino dan memiliki 5 gram protein untuk tiap cup-nya. Bayam juga merupakan sumber mineral kalsium, magnesium dan kalium yang semuanya berfungsi menurunkan tekanan darah.

Bayam adalah sumber serat yang baik untuk membantu menurunkan gula darah. Serat, protein, dan mineral adalah tiga komponen luar biasa yang membantu menyeimbangkan kadar insulin dan membantu tubuh merasa lebih sehat.

2. Alpukat

Alpukat adalah makanan super karena punya banyak manfaat sehat. Alpukat juga termasuk makanan penurun gula darah yang efektif.

Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh yang merupakan jenis lemak terbaik untuk jantung. Alpukat juga merupakan sumber serat yang baik, asam amino, vitamin B, mineral seperti magnesium dan kalium serta sebagai pengganti untuk makanan seperti mayo dan keju, terutama bagi mereka yang menderita diabetes atau intoleransi makanan.

3. Telur

Telur dapat menjadi bagian yang sangat penting dari diet seimbang dan merupakan sumber protein selain daging. Telur juga mengandung lemak yang sehat dan vitamin seperti vitamin B12 dan vitamin D. Kuncinya adalah mengonsumsinya dalam jumlah sedang dan tidak lebih dari jumlah harian yang disarankan.

Pilih telur berkualitas tinggi seperti telur organik. Telur berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah dengan sangat baik karena sangat mudah dicerna sehingga nutrisi mencapai sel dengan cepat dan membantu menurunkan kadar gula darah.

Baca Juga: 5 Makanan Penurun Gula Darah untuk Diabetes, Apa Saja?

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ngopi dan Ngemil Sehat ala Growell Coffee Senopati"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com