Menu Harian Ramadan ke-2: Hangatnya Sup Kimlo dan Sate Ayam untuk Sahur dan Buka

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 04 Apr 2022 08:00 WIB
Sate Ayam Bumbu Kuning
Foto: iStock
Jakarta -

Makan sahur dengan sup kimlo yang hangat mampu membantu meningkatkan nafsu makan. Untuk takjil ada lembutnya bubur sumsum dan lezatnya sate ayam bumbu kuning.

Saat santap sahur inginnya sesuatu yang hangat lezat serta nyaman di mulut. Makanan yang gurih hangat dengan isian yang lengkap akan sangat membantu untuk meningkatkan nafsu makan walaupun mata masih terasa mengantuk. Menu sup kimlo bisa menjadi ide untuk meningkatkan semangat makan sahur keluarga di rumah.

Setelahnya, tubuh akan membutuhkan energi pengganti yang sudah terkuras selama seharian berpuasa. Makanan yang lembut dan manis paling cocok untuk dihidangkan sambil melengkapi waktu berbuka puasa dengan keluarga. Bubur sumsum dengan siraman gula merah yang lembut bisa menjadi solusi pembatal puasa setelah adzan maghrib berkumandang.

Untuk makan malamnya, bisa menyajikan sate ayam bumbu kuning yang sederhana dan mudah untuk dimasak. Nikmatnya sate ayam yang dipadukan dengan nasi putih hangat akan membuat hari kedua puasa semakin sempurna.

Baca juga: Saat Imsak atau Subuh? Ini Waktu yang Tepat untuk Berhenti Sahur

Berikut ini ide menu harian Ramadan yang bisa ditiru untuk sajian di rumah:

Resep Sup Kimlo dengan Kulit TahuHangatnya sup kimlo dengan isian ayam dan kulit tahu nikmat untuk disajikan saat sahur. Foto: iStock

1. Sup Kimlo

Campuran sup kimlo yang hangat dengan kuah gurih dan isian yang melimpah bisa menjadi ide menu untuk santapan hangat saat makan sahur. Perpaduan daging ayam dan telur puyuh yang lembut, jamur kuping yang kenyal serta bakso ikan yang gurih cocok untuk meningkatkan nafsu makan saat dini hari.

Aroma sup kimlo yang lembut juga akan membuat mata menjadi lebih segar dan tubuh siap untuk menyantap hidangan sahur. Kuahnya yang gurih hangat dan tidak terlalu kuat rasanya juga tidak akan membuat tenggorokan terasa lebih kering saat berpuasa nantinya.

Menu sahur ini tentunya bisa ditiru dengan mudah di rumah dan disajikan untuk seluruh anggota keluarga. Jika ingin mencoba membuatnya dan menyajikannya saat sahur nanti kamu bisa mengikuti resepnya di sini.

Baca juga: Menu Harian Ramadan ke-1: Omelette Keju dan Kolak Pisang Nikmat untuk Berbuka

2. Bubur Sumsum

farious indonesian porridge. delicious culinary traditional. marrow porridge, green beans and compoteLembutnya adonan bubur sumsum disiram gula merah cair paling lezat jika disantap sebagai menu takjil. Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto

Jika si kecil sudah mulai ikut berpuasa tahun ini, sajian buka puasa yang manis dan lembut pasti menyenangkan untuk dihidangkan. Sejak zaman dahulu, bubur sumsum menjadi takjil yang digemari banyak orang bahkan hampir selalu ada di pedagang takjil sore hari.

Lembutnya adonan tepung beras dengan siraman gula merah cair cocok untuk dinikmati saat berbuka puasa bersama dengan keluarga. Hidangan tradisional yang tidak pernah lekang oleh zaman ini selalu diburu masyarakat terutama ketika memasuki waktu maghrib.

Tidak perlu khawatir jika kehabisan di pedagang takjil, bubur sumsum yang lembut manis ini bisa dimasak sendiri di rumah hanya dalam waktu singkat. Untuk resepnya kamu bisa melihatnya di sini.

3. Sate Ayam Bumbu Kuning

Sate Ayam Bumbu KuningGurih lembut daging ayam yang dimarinasi dengan bumbu kuning sangat sempurna jika disantap bersama nasi putih hangat saat makan malam. Foto: iStock

Setelah puas makan takjil, menyajikan potongan daging ayam yang ditusuk dan dibakar bisa jadi ide selanjutnya untuk suguhan makan malam. Salah satu cara mengolah sate ayam bisa dilakukan dengan merendam potongan dagingnya terlebih dahulu dalam bumbu, baru ditusukkan dan kemudian dibakar hingga matang.

Berbeda dengan sate ayam biasanya yang harus terus dioleskan kecap saat pembakaran, sate ayam bumbu kuning akan lebih mudah dibuat. Persiapannya bisa dilakukan sejak siang hari dengan memarinasi daging ayam ayam pada bumbu dan baru membakarnya ketika ingin disantap.

Sate ayam dengan bumbu kuning juga pastinya akan cocok dengan selera anggota keluarga. Potongan daging ayam yang lembut dan meresap bumbunya ditambah dengan aroma bakaran yang harum akan sangat menggugah selera makan. Jika ingin mencoba menyajikannya resep detikfood di sini bisa dicoba untuk di rumah.

Baca juga: 5 Pola Makan Ini Konon Memengaruhi Rasa Sperma



Simak Video "Bubur Sumsum Pandan Nangka yang Creamy dan Legit"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)