Menu Harian Ramadan ke-1: Omelette Keju dan Kolak Pisang Nikmat untuk Berbuka

Diah Afrilian - detikFood
Minggu, 03 Apr 2022 08:00 WIB
Kolak Pisang Ubi, Indonesian Popular Dessert for Takjil Ramdan Breaking the Fast, Sweet Soup Made from Banana and Sweet Potato, on Wooden Table
Foto: Getty Images/iStockphoto/Ika Rahma
Jakarta -

Omelette keju panggang yang gurih dan tumis udang brokoli bisa jadi hidangan yang nikmat dan praktis. Takjilnya ada kolak pisang yang manis legit!

Bulan Ramadan yang ditunggu-tunggu sudah tiba. Berpuasa bersama keluarga tersayang di rumah tentunya menjadi momen istimewa yang tidak boleh dilewatkan.

Ditambah berbagai sajian lezat saat sahur dan berbuka puasa membuat waktu kebersamaan menjadi menyenangkan. Mengawali Ramadan biasanya akan mulai kebingungan untuk menentukan menu-menu untuk disantap bersama keluarga.

Tidak perlu repot, persediaan telur hingga brokoli di rumah bisa disulap menjadi menu Ramadan yang menggugah selera. Misalnya omelette keju yang sederhana untuk menu sahur atau tumis udang brokoli untuk makan malam setelah berbuka puasa.

Baca juga: 6 Bahan Makanan yang Naik Harga, Termasuk Daging Sapi Rp 145 Ribu/Kg

Berikut ide masakan untuk sahur hingga berbuka puasa pertama di rumah bersama orang tersayang:

Omelet Keju PanggangMenu omelette panggang yang gurih nikmat cocok untuk sahur dan bikin semangat makan. Foto: Dok.Tastemade

1. Omelette Keju Panggang

Saat tidak punya waktu memasak yang banyak, mengolah telur bisa menjadi solusi. Tidak rumit untuk dimasak dan hanya butuh sedikit dibumbui rasanya bisa menjadi lezat.

Menu ini tentunya cocok untuk dibuat saat sahur. Jika ingin rasa yang lebih berbeda bisa saja ditambahkan irisan daging dan keju cheddar. Omelette keju panggang ini juga bakal disukai anak-anak.

Anak-anak yang baru belajar puasa tahun ini pun menjadi lebih semangat menyantap sahur. Dinikmati bersama nasi putih hangat, omelette keju panggang bisa dibuat dengan mengikuti resep di sini.

Baca juga: 6 Bahan Makanan yang Naik Harga, Termasuk Daging Sapi Rp 145 Ribu/Kg

2. Kolak Pisang

Kolak Pisang Ubi, Indonesian Popular Dessert for Takjil Ramdan Breaking the Fast, Sweet Soup Made from Banana and Sweet Potato, on Wooden TableManisnya kolak pisang juga akan selalu menjadi menu yang tepat sebagai sajian takjil berbuka puasa. Foto: Getty Images/iStockphoto/Ika Rahma

Menjadi hidangan yang paling banyak dicari saat berbuka, kolak pisang sudah seperti kudapan khas yang tidak boleh dilewatkan saat berbuka puasa. Manis lembutnya pisang ditambah racikan gula merah menjadi begitu sempurna untuk disantap saat adzan maghrib berkumandang.

Membuat kolak pisang juga tidak terlalu rumit. Hanya butuh pisang, santan, gula merah dan daun pandan yang bisa disiapkan dalam waktu singkat. Jika ingin hasilnya sempurna, bisa memilih pisang kepok sebagai bahan utamanya.

Cara memasaknya yang sederhana dan bahan-bahannya yang mudah didapatkan, kolak pisang juga bisa menjadi ide jika ingin berbagi takjil bersama keluarga terdekat. Jika ingin mencoba membuatnya di rumah kamu bisa mengikuti resep di sini.

3. Tumis Udang Brokoli

Resep Tumis Udang dan BrokoliMenu tumis udang brokoli bisa menjadi ide untuk lauk makan malam setelah berbuka puasa. Foto: iStock

Mudah, praktis dan bergizi. Menu tumis udang brokoli bisa menjadi ide untuk lauk makan malam setelah berbuka puasa. Setelah diguyur dengan manisnya kolak pisang, butuh makanan bergizi untuk memenuhi kebutuhan asupan tubuh setelah berpuasa seharian penuh.

Brokoli yang kaya serat dan vitamin C serta udang yang tinggi kandungan proteinnya cocok untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan menyiapkan tubuh untuk berpuasa kembali keesokan hari. Campuran udang dengan brokoli pada menu ini juga membuat rasa sayuran dari brokoli lebih gurih dan tidak membosankan.

Menyajikannya dengan nasi putih maupun nasi merah cocok untuk kamu yang ingin makan lezat tetapi tetap bergizi setelah berbuka puasa. Resepnya yang mudah diikuti bisa dilihat di sini.

Baca juga: Ini Daftar 7 Kopi Termahal di Dunia, Ada Kopi Luwak Indonesia!



Simak Video "Kastangel hingga Putri Salju Paling Banyak Diburu Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)