Ini Daftar 7 Kopi Termahal di Dunia, Ada Kopi Luwak Indonesia!

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 21 Mar 2022 05:00 WIB
5 Keistimewaan Kopi Luwak yang Mahal Harganya
Foto: iStock
Jakarta -

Banyak peminatnya, industri kopi di dunia begitu tinggi pergerakannya. Bahkan ada beberapa biji kopi yang dinilai menjadi kopi termahal di dunia.

Menjadi komoditi yang paling banyak diminati di dunia, biji kopi ternyata merupakan tanaman yang berharga tinggi du dunia. Di pasar kopi dunia bahkan ada beberapa biji kopi yang dikenal berkualitas tinggi dengan rasanya yang khas.

Setiap jenis biji kopi dikatakan memiliki keistimewaannya sendiri, termasuk dari cita rasa yang dikeluarkan saat proses penyeduhan. Ada juga beberapa kopi yang dianggap spesial karena melalui proses khusus untuk dipanen.

Semakin lezat cita rasanya dan semakin rumit proses yang dilalui dikatakan membuat harga suatu biji kopi menjadi begitu mahal. Bahkan ada yang dijual hingga belasan juta untuk berat kurang dari 500 gram.

Baca juga: Ura! Ojol Ini Tulis Pesan Semangat untuk Pelanggannya dalam Bahasa Rusia

Berikut ini 7 biji kopi termahal yang pernah dijual di dunia menurut Wealthy Gorilla:

Ini Daftar 7 Kopi Termahal di Dunia, Ada Kopi Luwak Indonesia!Dipilih melalui pencernaan gajah, harga kopi ini dipatok hingga Rp 21 juta. Foto: Wealthy Gorilla

1. Black Ivory Coffee

Dinobatkan sebagai biji kopi termahal di dunia, The Black Ivory Coffee berasal dari bagian utara Thailand. Biji kopi jenis ini pemilahannya melalui proses saluran pencernaan gajah. Ceri kopi akan diberi makan kepada gajah dan biji kopi yang berhasil keluar dengan utuh akan dikumpulkan untuk diproses.

Menurut kepercayaan produsennya, biji kopi yang telah berhasil melalui pencernaan gajah akan memiliki enzim dan rasa yang baru serta protein yang tidak diinginkan dalam biji kopi akan pecah dan hilang. Harga biji kopi termahal untuk jenis ini adalah Rp 21 juta untuk 450 gram biji kopinya.

2. Finca El Injerto

Punya ukuran biji yang lebih kecil, dikatakan cukup sulit untuk memanen biji kopi berjenis Finca El Injerto. Tumbuhan kopi yang menghasilkan jenis kopi ini juga diakui sebagai salah satu yang paling langka dibandingkan tumbuhan kopi lainnya.

Pada beberapa penilaian oleh pakar kopi, biji kopi jenis ini selalu menjuarai penilaian tersebut bahkan tujuh kali secara berturut-turut. Tidak heran jika harganya bisa dibanderol mencapai Rp 7,1 juta.

Baca juga: 7 Kesalahan Menyeduh Kopi Ini Bikin Rasanya Kurang Enak