Masakan Rumahan

6 Bahan Makanan yang Naik Harga, Termasuk Daging Sapi Rp 145 Ribu/Kg

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 01 Apr 2022 15:00 WIB
Pedangan Pasar Induk Brebes, Rabu (10/3/2022).
Foto: Imam Suripto/detikJateng
Jakarta -

Naiknya harga pangan menjelang Ramadan bukan lagi hal aneh. Jelang Ramadan 2022, lonjakan harga bahan makanan di pasar tradisional ada yang mencapai Rp 145 ribu!

Menjelang hari dan momentum besar, biasanya akan diikuti dengan lonjakan harga-harga bahan makanan yang naik drastis. Seakan sudah menjadi budaya, banyak masyarakat yang selalu bersiap untuk menghadapi kenaikan harga pangan, terutama ketika menjelang Ramadan.

Ramadan bukan hanya menjadi momentum dimana umat Muslim menyambut bulan suci dengan melaksanakan ibadah puasa saja. Menjelang bulan Ramadan juga seringkali menjadi momentum naiknya harga-harga bahan pangan secara menyeluruh.

Memasuki bulan Ramadan tahun ini, terpantau sudah ada beberapa bahan pangan yang naik harganya hingga yang mengalami penurunan harga. Mulai dari daging sapi, cabai, bahkan hingga minyak goreng yang belum terlihat sedikitpun penurunan harga berdasarkan catatan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PHPS Nasional).

Baca juga: Kata MUI soal Unsur Haram dalam Warna-warni Makanan

Berikut ini 6 bahan makanan yang alami kenaikan harga menjelang bulan Ramadan menurut pantauan PHPS Nasional (31/3):

Harga cabai kriting dan rawit merah naik jadi Rp 50 ribu-Rp 70 ribu per kilogram di Pasar Jombang, Tangsel. Naiknya harga karena berkurangnya suplai dari daerahHarga berbagai jenis cabai terpantau masih terus meningkat, bahkan untuk cabai rawit merah saja sudah mencapai Rp 57.500/kg. Foto: Andhika Prasetia/detikcom

1. Cabai merah

Berbagai jenis cabai terlihat mengalami kenaikan. Cabai merah besar harganya naik Rp 2.200 dari sebelumnya yakni menjadi Rp 53.050 per kilogram. Kemudian diikuti oleh cabai merah keriting yang rata-rata harga jualnya menyentuh angka Rp 45.850 untuk satu kilogramnya.

Tidak hanya cabai berukuran besar, cabai rawit hijau yang biasanya ditemukan sebagai pelengkap gorengan ternyata juga mengalami lonjakan. Per kilogram cabai rawit hijau kini telah dibanderol Rp 37.950 sedangkan untuk cabai rawit merah sudah mencapai Rp 57.500.

2. Daging sapi

Menjadi sumber protein yang paling banyak dicari setelah daging ayam, harga daging sapi ternyata juga masih terus melonjak. Untuk daging sapi kualitas 1, harganya sudah menyentuh angka Rp 142.900 per kilogramnya.

Diikuti oleh daging sapi kualitas 2 yang cenderung banyak lemaknya pada kisaran Rp 133.600 per kilogramnya. Di DKI Jakarta secara khusus, daging sapi kualitas 1 bahkan sudah mencapai Rp 145.850 dan untuk daging sapi kualitas 2 harga rata-ratanya menyentuh Rp 135.850.

Baca juga:Zonk! Dikira Leci, Wanita Ini Ternyata Ketipu Pedagang Rambutan



Simak Video "Mpok Atun 'Si Doel Anak Sekolahan' Buka Warung Makan di BSD"
[Gambas:Video 20detik]