7 Menu Sayur untuk Diet yang Enak dan Sehat

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 18 Mar 2021 07:00 WIB
Baby Spinach Foto: iStock
Jakarta -

Menu sayur untuk diet tidak sulit di buat di rumah. Prinsip yang terpenting adalah membatasi konsumsi minyak dan juga gula. Bagi kamu yang sedang berdiet sebaiknya pilih menu sayur yang tidak dipadu dengan santan.


Sayuran mengandung banyak serat dan nutrisi seperti vitamin dan mineral. Sayuran yang tinggi serat dapat membantu membuat kamu kenyang lebih lama dan mencegah kamu makan secara berlebihan.

Yuk intip aneka menu sayur untuk diet:

1. Sayur Sop

Sayur sop tidak hanya cocok dikonsumsi saat diet tetapi juga untuk menjaga stamina tubuh. Sayur sop dibuat dengan mencampurkan aneka sayuran dengan potongan daging ayam.

Dalam semangkuk sop mengandung protein yang sangat baik untuk kesehatan. Klik di sini untuk melihat resepnya.

2. Bayam Bening

Sayur bayam mengandung zat besi dan folat. Sayur bayam juga mengandung serat yang sangat baik untuk menahan lapar lebih lama dan lancarkan pencernaan. Bayam juga paling enak dipadu dengan jagung dan juga wortel.

Lihat resep sayur bayam yang dimasak tanpa tambahan minyak di sini.

Tumis Labu SiamTumis Labu Siam Foto: iStock

3. Tumis Labu Siam

Bosan dengan menu sayur diet berkuah, kamu bisa mencoba tumis labu siam. Labu siam adalah jenis sayuran yang tinggi air. Selain itu labu siam juga rendah kalori tetapi kaya akan kalium, natrium, vitamin A dan C.

Tumisan labu siam semakin enak ketika dipadukan dengan daun melinjo, buncis serta kacang panjang. Klik di sini untuk melihat resep tumis labu siam.

4. Sayur Asem

Kuahnya yang gurih dengan sensasi asam yang menyegarkan. Sayur asem sangat cocok jadi teman makan nasi sekaligus pembangkit selera makan. Labu siam, kacang panjang, nangka muda hingga jagung manis.

Ini resep sayur asem yang enak, klik di sini untuk melihat resepnya.

Delicious Cah Kangkung, Delicious stir fried water spinach or kale. Indonesian foodDelicious Cah Kangkung, Delicious stir fried water spinach or kale. Indonesian food Foto: iStock

5. Tumis Kangkung

Menu sayur diet ini sangat sederhana. Cukup menumis kangkung dengan sedikit minyak dan ditambah dengan air. Rasanya gurih dan teksturnya renyah dan cocok disantap dengan nasi.

Klik di sini untuk melihat resepnya.

6. Tumis Jamur Brokoli

Tumis jamur brokoli yang dipadu dengan potongan dada ayam. Diberi bumbu saus tiram, shoyu, bawang putih, minyak wijen hingga jahe parut. Tumisan ini menghasilkan rasa yang gurih enak.

Yuk klik di sini untuk melihat resep tumis jamur brokoli yang nikmat.

Chicken Caesar SaladChicken Caesar Salad Foto: iStock

7. Caesar Salad

Sekali-kali ingin menikmati salad saat diet, bisa loh mencobanya sendiri di rumah. Caesar salad bisa jadi sajian praktis yang enak untuk sarapan. Dibuat dari campuran lettuce, kale dan kacang panggang, semakin mengenyangkan kalau salad dipadu dengan roti dan saus gurih.

Lihat resep menu sayuran caesar salad di sini.



Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com