Apakah Benar Pasta Tergolong Makanan Sehat? Ini Faktanya

Diah Afrilian - detikFood Senin, 15 Mar 2021 13:30 WIB
Apakah Benar Pasta Tergolong Makanan Sehat? Ini Faktanya Foto: iStock
Jakarta -

Pasta dikenal sebagai sumber karbohidrat. Tetapi apakah pasta termasuk bahan makanan untuk diet sehat? Berikut penjelasan para ahli.

Karbohidrat merupakan sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Karbohidrat juga menjadi sumber gula alami yang masuk ke tubuh setelah dicerna oleh enzim pada mulut.

Sayangnya, karbohidrat seringkali dihindari dengan alasan pola makan yang lebih sehat. Kadar GI pada beberapa sumber karbohidrat memang menjadi suatu yang bermasalah terutama bagi penyintas diabetes.

Apakah Benar Pasta Tergolong Makanan Sehat? Ini FaktanyaApakah Benar Pasta Tergolong Makanan Sehat? Ini Faktanya Foto: iStock

Terutama pada nasi, banyak sekali orang yang menggantikan sumber karbohidrat mereka dari nasi menjadi karbohidrat lainnya, termasuk pasta. Tetapi apakah benar pasta lebih sehat?

Dilansir melalui Body + Soul (23/2), karbohidrat penting untuk dimasukkan ke dalam menu diet sehat. Spaghetti atau pasta dalam bentuk apapun menjadi bahan makanan sumber karbohidrat yang direkomendasikan para ahli gizi.

Baca Juga: Penelitian Ungkap Makan Roti dan Pasta Lebih Menyehatkan

Karbohidrat adalah salah satu dari 3 makronutrien yang menjadi sumber energi bagi tubuh. Energi yang berasal dari karbohidrat adalah jenis energi tubuh yang digunakan dengan paling efisien.

Apakah Benar Pasta Tergolong Makanan Sehat? Ini FaktanyaApakah Benar Pasta Tergolong Makanan Sehat? Ini Faktanya Foto: iStock

Bahkan karbohidrat dikatakan memiliki jumlah energi yang sama dengan protein, yaitu 17kilojoule atau 4 kalori.

Walaupun sering dihindari, ternyata ada bahan makanan karbohidrat yang lebih baik. Salah satunya jenis karbohidrat yang terbuat dari gandum atau biji-bijian utuh yang rendah GI. Seperti pasta yang terbuat dari gandum utuh.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuat pasta menjadi lebih sehat:

Apakah Benar Pasta Tergolong Makanan Sehat? Ini FaktanyaApakah Benar Pasta Tergolong Makanan Sehat? Ini Faktanya Foto: iStock

1. Pilih pasta yang terbuat dari gandum utuh bukan tepung gandum. Pasta jenis ini memiliki kandungan serta dan makronutrien yang jauh lebih tinggi.

2. Cukup masak pasta sekitar 128 gram untuk 1 porsi.

3. Buat saus pasta sendiri dan hindari saus pasta kemasan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kandungan garam dan lemak yang terlalu tinggi.

4. Sajikan pasta dengan makanan pendamping yang lebih sehat. Misalnya salad atau sayuran lainnya.

5. Nikmati sepiring pasta dengan porsi wajar. Makan perlahan dan jangan terburu-buru.

Sumber: Si Kecil Suka Pasta? Racik Pasta Lebih Sehat dengan Trik Ini

(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com