Ayo, Memasak!

Dengan 3 Bahan Ini Anda Bisa Bikin Sayur Bening yang Sedap

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 22 Sep 2016 11:09 WIB
Foto: iStock/detikFood
FOKUS BERITA Ayo, Memasak!
Jakarta - Kalau ingin masak sayur yang praktis, sayur bening bisa jadi pilihan. Cukup siapkan 3 bahan, dalam 10 menit sayurpun siap.

Sayur bening merupakan jenis olahan sayur yang sangat gampang membuatnya. Tak perlu waktu lama untuk memasak dan sebaiknya dinikmati segera setelah dibuat.

Kalau tak pintar memasak, jangan khawatir, hanya ada 3 jenis bahan yang perlu Anda siapkan.

1. Sayur


Untuk sayuran bisa dipakai daun bayam hijau, bayam merah atau daun katuk. Bisa dilengkapi dengan oyong, jagung, wortel atau labu kuning,

Siangi semua sayuran dan cuci hingga bersih. Untuk jagung sebaiknya sisir bijinya agar lebih cepat matang. Demikian juga jika memakai labu kuning, dan wortel potong-potong ukuran kecil yang sama besar agar bisa matang bersamaan.

2. Temu Kunci


Rempah berupa rimpang ini dikenal dengan nama Latin Curcuma rotunda L. Bentuknya seperti jari-jari memanjang berwarna cokelat. Punya aroma yang khas dan menjadi ciri unik sayur bening. Mudah didapat di pasar swalayan atau pasar tradisional.

3. Bawang Merah


Pilih bawang merah berumb besar lalu iris melintang tipis-tipis. Sesuaikan jumlahnya dengan jumlah sayur yang akan dimasak.

4. Proses membuat


Didihkan sekitar 1.5 liter dalam panci bersama 5 butir bawang merah yang sudah diiris tipis dan 1 buah rimpang temu kunci yang sudah dimemarkan.

Jika memakai jagung manis, sisir bijinya atau potong-potong beberapa bagian dan rebus bersama bumbu. Demikian juga jika memakai labu kuning dan wortel, potong-potong dan rebus bersama bumbu hingga lunak.

Masukkan bayam ( 1 ikat sedang ) dan didihkan sebentar hingga layu. Terakhir masukkan garam dan sedikit gula pasir. Angkat dan sayur bening siap disajikan dengan sambal.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Ayo, Memasak!

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com