Ini Menu Buka Puasa dan Sahur Besok yang Sederhana dan Enak

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 12 Apr 2021 18:00 WIB
Delicious Cah Kangkung, Delicious stir fried water spinach or kale. Indonesian food Foto: iStock
Jakarta -

Menu buka puasa dan sahur sebaiknya pilih yang enak dan mudah dibuat. Untuk menjaga agar tubuh tetap bugar, menu buka puasa dan sahur juga harus sehat selama Ramadhan.

Saat puasa tetaplah konsumsi makanan dengan kandungan protein tinggi, karbohidrat kompleks dan juga jangan sampai melupakan sayur dan buah. Selain itu, batasi konsumsi minuman manis dan juga makanan yang mengandung tinggi minyak.

Agar tak repot menyiapkan makanan sahur, kamu bisa menyiapkannya sehari sebelumnya. Mulai dari menyiapkan bumbu terlebih dulu dan memotong-motong sayuran. Sehingga saat jam sahur, kamu tinggal menumis atau merebusnya.

Beberapa orang juga telah menyiapkan menu praktis makanan beku seperti nugget, bakso hingga ayam ungkep. Namun jika kamu tidak menyukai makanan ini, bisa juga mengintip resep-resep praktis ini.

Menu buka puasa

1. Dimsum Ayam

5 Tempat Makan Dimsum Enak di Bekasi, Cobain Yuk!5 Tempat Makan Dimsum Enak di Bekasi, Cobain Yuk! Foto: iStock


Dimsum ayam bisa jadi makanan buka puasa yang gurih mengenyangkan.Dimsum juga dapat disimpan sebagai stok camilan dan sangat mudah dibuat.Dimsum ayam dibuat dengan lapisan kulit pangsit.

Hangat-hangat makin enak disantap dengan cocolan saus pedas dan dinikmati dengan segelas teh hangat. Klik di sini untuk lihat resep dimsum ayam.

2. Tempe Mendoan

Tempe Mendoan Bagong yang Laris ManisTempe Mendoan Bagong yang Laris Manis Foto: dok. detikFood / Yenny Mustika Sari


Orang Indonesia selalu tak ingin meninggalkan gorengan saat berbuka puasa. Tempemendoan makin enak dinikmati hangat-hangat dengancocolan kecap dan cabai rawit. Tempe yang digunakan biasanya tempe yang dipotong tipis kemudian dicelupkan ke dalam adonan tepung, ditambah potongan daun bawang dan digoreng tak sampai garing.

Tertarik mencoba? Klik di sini untuk melihat resepnya.

3. Mie Tek Tek

Resep Mie Tek-tekResep Mie Tek-tek Foto: iStock


Meskipun cocok juga untuk dinikmati saat sahur, mietektek juga enak dimakan saat buka puasa. Mie telor yang dicampur dengansuwiran ayam, kol, tomat, telur, serta daun bawang kemudian diberi bumbu tumis berupa campuran kemiri, bawang merah, bawang putih, merica dan garam.

Mie tek-tek enak dinikmati hangat-hangat. Yuk lihat resep lengkapnya di sini.

4. Ayam Sambal Pecak

Ayam PecakAyam Pecak Foto: Dok. MasakMasakTransTV


Pecinta pedas, tentu tak boleh melewatkan menu berbuka yang satu ini. Ayam dilumuri dengan garam, gula, merica, kaldu jamur, serai, dan bumbu kuning. Setelah itu dimasak dengan api kecil lalu digoreng.

Ayam goreng ini paling enak dinikmati bersama dengan nasi hangat dan juga sambal pecak. Cek resep lengkapnya di sini.

5. Ikan Goreng Saus Thailand

Ikan goreng saus ThailandIkan goreng saus Thailand Foto: Pujayanti Abidin


Bosan dengan ikan goreng biasa? Cobalah membuat ikan goreng dengan paduan saus bergaya Thailand yang segar. Ikan yang digunakan boleh berjenis ikan kakap ataupun ikandori.

Ikan goreng yang dilapisi dengan tepung paling enak dinikmati bersama dengan saus Thailand. Tertarik mencoba? Klik resep lengkapnya di sini.

Menu Sahur

6. Telur Berenda

Telur BerendaTelur Berenda Foto: Odilia WS

Telur menjadi bahan makanan yang selalu distok tidak hanya saat hari biasa tetapi juga saat Ramadhan. Memasaknya tak butuh waktu lama, hanya membutuhkan telur, sambal terasi atau sambal bajak dan daun bawang.

Telur berenda yang gurih dan pedas sangat enak dinikmati dengan nasi hangat. Sangat cocok untuk sahur. Klik di sini untuk melihat resepnya.

7. Tumis Labu Siam

Tumis Labu SiamTumis Labu Siam Foto: iStock


Labu siam yang dipotong tipis enak diolah dengan cara ditumis. Ini bisa jadi pilihan lauk sederhana dan juga menyehatkan. Agar rasanya enak, biasanya tumisan sayur ini ditambahkan dengan ebi.

Tumis labu siam bisa dihidangkan bersama dengan telur atau tempe goreng. Resepnya ada di sini.

8. Oseng Tempe Teri

Tempeh, fermented soybean cake, sautéed with green chili and seasoned with Indonesian sweet soy sauce. Popular as side dish for many Indonesian rice dishes such as Nasi Uduk Betawi. The tempeh is plated on an oval ceramic plate; which then placed on traditional bamboo tray.Tempeh, fermented soybean cake, sautéed with green chili and seasoned with Indonesian sweet soy sauce. Popular as side dish for many Indonesian rice dishes such as Nasi Uduk Betawi. The tempeh is plated on an oval ceramic plate; which then placed on traditional bamboo tray. Foto: iStock


Tempe bisa jadi pilihan lauk praktis yang bisa dinikmati saat sahur. Rasanya pedas dan dipadu dengan teri tawar serta cabai hijau sehingga menghasilkan rasa yang enak. Yuk coba buat di rumah dengan lihat resep ini.

9. Tumis Kangkung

Delicious Cah Kangkung, Delicious stir fried water spinach or kale. Indonesian foodDelicious Cah Kangkung, Delicious stir fried water spinach or kale. Indonesian food Foto: iStock


Punya tekstur yang renyah, tumis kangkung dibuat dengan cara sederhana. Bumbunya hanya bawang putih, saus tiram, gula pasir dan kaldu bubuk. Agar semakin enak bisa juga ditambahkan dengan bawang merah, terasi goreng dan ebi.

Resep mudahnya bisa dilihat di sini.

10. Sapo Tahu

Dibuat dengan mencampurkan potongan dada ayam, udang, sawi putih, tahu telur serta wortel. Sapo tahu enak disantap hangat-hangat, bikin kenyang dan juga menyehatkan untuk sahur. Klik resepnya di sini.



Simak Video "Buka Puasa ala Timur Tengah di Al Kabsa"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com