ADVERTISEMENT

Mencoba Ketoprak Rp 98 Ribu vs Rp 15 Ribu, Begini Beda Isi dan Rasanya

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 16 Sep 2022 12:00 WIB
Mencoba Ketoprak Rp 98 Ribu vs Rp 15 Ribu, Begini Beda Isi dan Rasanya
Foto: detikcom/Diah Afrilian
Jakarta -

Tak hanya dijual di kaki lima, ketoprak ternyata juga ada yang ditawarkan di restoran mewah. Jika dibandingkan dengan buatan penjual kaki lima, mana yang lebih enak ya?

Ketoprak merupakan makanan tradisional Indonesia yang terdiri dari bihun, tauge, tahu, dan lontong dengan siraman bumbu kacang yang legit. Sebagian orang menyebutkan ketoprak berasal dari Jakarta, tapi ada juga yang bilang dari Cirebon.

Hidangan ketoprak identik dengan pedagang kaki lima yang mudah dijumpai di pinggir jalan atau menggunakan gerobak dorong untuk menjajakannya. Ternyata ketoprak tak sekadar kudapan yang bisa ditemui pada penjual kaki lima saja.

Beberapa restoran juga menyajikan ketoprak dengan cara yang berbeda. Berbeda tempat, rasa hingga isiannya tak jarang membuat ketoprak yang disajikan di restoran dibanderol dengan harga yang lebih mahal.

Kali ini detikfood membandingkan ketoprak yang biasa dijual pada pedagang kaki lima dengan ketoprak yang disajikan di restoran ternama. Mana yang lebih enak?

Harga yang Jauh Berbeda

Untuk membandingkan dua ketoprak yang berbeda, kami memesan ketoprak dari restoran Tugu Kunstkring di kawasan Menteng dan ketoprak dari pedagang kaki lima di kawasan Tendean. Jika dihitung, harga keduanya berbeda lebih dari 6 kali lipat.

Ketoprak yang kami beli dari pedagang kaki lima dijual dengan harga Rp 15.000. Menurut pedagangnya, ketoprak yang kami pesan ini merupakan menu yang paling lengkap dan banyak dipesan pelanggan terutama ketika waktu makan siang.

Sedangkan untuk ketoprak yang dipesan dari restoran dibanderol seharga Rp 85.000 belum termasuk biaya pajak dan pelayanan, sehingga harga keseluruhan yang harus kami bayarkan Rp 98.175.

Mencoba Ketoprak Rp 98 Ribu vs Rp 15 Ribu, Begini Beda Isi dan RasanyaDikemas dengan cara yang berbeda, ini perbedaan kemasan ketoprak Rp 98 ribu dan Rp 15 ribu. Foto: detikcom/Diah Afrilian

Ukuran kemasan yang lebih besar

Layaknya ketoprak kaki lima yang banyak ditemui, usai diracik isian dan bumbunya ketoprak akan dimasukkan ke dalam wadah styrofoam. Isian, bumbu kacang dan kecap semuanya langsung diaduk menjadi satu.

Hanya ada kerupuk bawang berwarna oranye yang dipisahkan oleh pedagang ketoprak kaki lima dalam plastik kecil. Pengemasan ini terlihat sangat jauh berbeda dengan ketoprak yang kami pesan dari restoran.

Kemasan ketoprak restoran memiliki ukuran 2 kali lebih besar. Menggunakan wadah mika transparan yang terkesan premium, ketika dikeluarkan dari kantung tasnya bisa langsung terlihat isian dari ketoprak yang dipisah-pisah.

Ada sekantung kerupuk udang, kecap, sambal dan bumbu kacang yang dikemas dalam wadah cup kecil terpisah serta gulungan aluminium foil. Pengemasan ini memang membuat isian dan racikan bumbu lebih aman jika dipesan untuk tidak langsung dimakan atau harus melalui pengiriman terlebih dahulu.

Perbedaan isian dan rasa bumbu kedua ketoprak ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Bikin Laper: Enak Banget! Ketoprak Mi Viral di BSD Tangerang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT