Menu Harian Ramadan ke-20: Kerang Saus Tiram hingga Tumis Kangkung yang Bikin Lahap Makan

ADVERTISEMENT

Menu Harian Ramadan ke-20: Kerang Saus Tiram hingga Tumis Kangkung yang Bikin Lahap Makan

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 22 Apr 2022 08:00 WIB
Resep Tumis Kangkung Ikan Asin
Foto: iStock
Jakarta -

Kerang saus tiram yang kenyal gurih enak dijadikan menu sahur. Berbukanya pakai sosis solo yang gurih lembut dan tumis kangkung ikan asin yang bikin lahap makan.

Gurih nikmat kerang hijau dengan bumbu pedas paling cocok untuk membuat mata melek saat makan sahur. Sumber protein yang kaya mineral ini juga menjadi ide lauk bergizi. Memasaknya mudah sehingga tak merepotkan saat sahur.

Untuk buka puasa, kamu bisa menyajikan sosis solo yang gurih lembut. Mirip dengan risol, sosis solo bisa menjadi solusi gorengan yang tak terlalu berminyak. Jangan lupa sediakan pelengkap cabai rawit supaya makin enak.

Makan malamnya bisa dengan tumis kangkung yang bikin lahap. Ditambahkan campuran ikan asin, rasa tumis kangkung akan semakin sedap.

Baca juga: Menu Harian Ramadan ke-19: Manis Gurih Baceman hingga Sop Buah untuk Takjil

Berikut ini ide sajian Ramadan untuk disantap bersama keluarga di rumah:

Resep Kerang Hijau Saus Tiram PedasKenyal gurih kerang saus tiram yang sedikit pedas rasanya nikmat untuk santa sahur. Foto: iStock

1. Kerang Saus Tiram

Kerang hijau bisa diolah dengan beragam saus. Salah satunya saus tiram yang gurih manis. Jangan lupa tambahkan irisan cabai dan berbagai bumbu pelengkap agar makin sedap.

Kandungan protein dan mineralnya juga membantu tubuh untuk memenuhi asupan nutrisi selama berpuasa seharian nanti.

Tekstur daging kerang yang lembut dan disantap ketika hangat juga akan disukai. Jika belum pernah coba membuatnya, bisa contek resep kerang hijau saus tiram pedas di sini.

Baca juga: Toko Kue 52 Tahun Ini Bakal Ditutup, Pelanggannya Rela Antre hingga 70 Meter!

2. Sosis Solo

Resep Sosis SoloJika bosan dengan gorengan yang biasa, ada ide takjil yang lembut gurih bernama sosis solo. Foto: detikfood

Jika bosan dengan takjil yang itu-itu aja, ada menu alternatif yang bisa dibuat. Mirip dengan risol, hidangan bernama sosis solo ini punya tekstur yang lembut dengan isian suwiran ayam yang gurih nikmat.

Setelah berbuka dengan kudapan yang manis, kehadiran sosis solo di atas meja makan dapat menjadi penyiembang rasa agar mulut tidak bosan mengunyah. Bahan-bahan untuk membuatnya pun cukup mudah didapatkan dan tidak jauh berbeda dengan membuat risol.

Hidangan tradisional ini biasanya ditemui pada pedagang kue yang berjejer rapi saat sore hari hingga maghrib menjelang. Kini kamu tidak perlu repot-repot pergi keluar untuk membelinya karena ada resep sosis solo yang bisa dilihat di sini.

3. Tumis Kangkung

Resep Tumis Kangkung Ikan AsinGurih lezat tumis kangkung bisa semakin sedap jika ditambahkan potongan ikan asin dan disajikan saat makan malam. Foto: iStock

Olahan sayur yang sederhana ini tidak pernah gagal memanjakan selera. Tekstur kangkung yang renyah seolah membuat perpaduan tumis kangkung dengan lauk pelengkap lainnya jadi semakin sempurna.

Jika tidak ingin yang biasa-biasa saja, tumis kangkung juga bisa ditambahkan dengan berbagai bahan lain agar lebih sedap. Salah satunya ikan asin yang dapat memperkaya rasanya.

Hidangan tumis kangkung dengan ikan asin ini juga bisa ditiru di rumah untuk membuat anggota keluarga jadi lahap makan. Jangan lupa untuk menambahkan sambal dengan nasi putih hangat dan bersiap untuk terus tambah makannya. Resepnya bisa dilihat di sini.

Baca juga: Menu Harian Ramadan ke-18: Bubur Candil yang Manis Legit dan Bawal Bakar Nikmat untuk Buka Puasa



Simak Video "Kastangel hingga Putri Salju Paling Banyak Diburu Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT