Menu Harian Ramadan ke-19: Manis Gurih Baceman hingga Sop Buah untuk Takjil

ADVERTISEMENT

Menu Harian Ramadan ke-19: Manis Gurih Baceman hingga Sop Buah untuk Takjil

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 21 Apr 2022 08:00 WIB
Sop Buah Segar Rp 10 Ribuan
Foto: istock/GrabFood
Jakarta -

Baceman khas Jawa yang gurih manis cocok untuk sajian sahur. Takjilnya bisa menyajikan sop buah yang segar dan ayam asam manis untuk menu makan malam.

Lauk pelengkap asal Jawa dikenal dengan rasanya yang gurih manis dan juga legit. Salah satunya olahan tahu dan tempe yang murah meriah. Bisa disimpan dalam waktu yang lama membuat tahu dan tempe bacem cocok untuk distok agar lebih praktis saat menyiapkan hidangan sahur nanti.

Untuk berbuka puasa akan kurang lengkap tanpa kehadiran es yang menyegarkan. Manisnya es dengan potongan buah yang bergizi bisa menjadi ide untuk sajian takjil setelah azan magrib berkumandang. Tentunya hidangan sop buah ini selain menyegarkan juga sehat bernutrisi.

Makan malamnya bisa juga dengan lauk pelengkap spesial lainnya. Ada ayam asam manis yang menjadi menu paling populer di restoran. Tidak harus memesan dari restoran ternama, ayam asam manis ini juga bisa dibuat sendiri dan disesuaikan rasanya di rumah.

Baca juga: Menu Harian Ramadan ke-18: Bubur Candil yang Manis Legit dan Bawal Bakar Nikmat untuk Buka Puasa

Berikut ini ide menu harian Ramadan yang bisa menjadi alternatif untuk sajian bersama keluarga:

Resep Baceman Tempe dan TahuMudah dibuat dan bisa tahan hingga berhari-hari membuat baceman menjadi ide lauk pelengkap yang cocok untuk dihidangkan saat sahur. Foto: iStock

1. Baceman Tahu Tempe

Olahan bumbu bacem khas Jawa menjadi alternatif untuk menyimpan makanan dalam waktu yang panjang agar memudahkan ketika akan disajikan. Misalnya dengan menggunakan potongan tahu dan tempe yang bisa disimpan berhari-hari dalam suhu kulkas.

Ketika ingin disantap saat sahur, tahu dan tempe bacem ini bisa langsung digoreng. Tentunya menu ini akan sangat memudahkan dan menghemat waktu.

Bahan-bahan dan cara membuatnya pun bisa dengan mudah diikuti di rumah. Jika butuh contekan resepnya bisa langsung lihat di sini.

Baca juga: Bakso Bening Aryana: Nikmatnya Bakso Urat Rp 15 Ribuan yang Habiskan 8 Kg Daging Sehari

2. Sop Buah

Sop Buah Segar Rp 10 RibuanSegarnya sop buah membuat waktu berbuka puasa menjadi menyenangkan dan bernutrisi. Foto: istock/GrabFood

Saat berbuka puasa, paling enak jika disambut dengan hidangan dingin menyegarkan saat azan Maghrib berkumandang. Ada hidangan yang mudah untuk dibuat dan cocok untuk dibuat bersama keluarga sambil menunggu waktu berbuka.

Potongan buah-buahan yang segar ditambah siraman susu, sirup dan es batu yang dingin membuat sop buah tidak pernah salah untuk disajikan sebagai takjil. Manisnya sirup dengan potongan buah ini tentunya akan membuat waktu berbuka puasa menjadi lebih lengkap.

Berbagai jenis buah bisa saja dibuat menjadi sop buah. Intip ide resepnya di sini.

3. Ayam Asam Manis

Ayam Kuluyuk or Ayam Goreng Saus Asam Manis, Fried Chicken with Sweet Sour Sauce, Chinese Indonesian Culinary Food Served on White Rim Blue Plate.Gurih nikmat ayam dengan saus asam manis seenak di restoran membuat waktu makan malam menjadi lebih bersemangat. Foto: Getty Images/iStockphoto/Ika Rahma

Daging ayam yang mudah diolah juga bisa dibuat menjadi hidangan selezat buatan restoran. Tidak perlu memesan atau keluar rumah, hanya membutuhkan beberapa bumbu tertentu kamu juga bisa menyajikan makanana yang tak kalah enak dengan restoran populer.

Salah satunya hidangan ayam dengan saus asam manis yang lezatnya bikin ketagihan. Dipadukan dengan nasi putih yang hangat, ayam asam manis ini bisa menjadi lauk pelengkap yang paling sempurna untuk sajian makan malam.

Membuat ayam manis di rumah hasilnya juga bisa seperti seenak di restoran yang populer. Jika penasaran, kamu bisa melihat resepnya di sini.

Baca juga: WNI Kena Getok Harga di Turki, Makan Ikan Harganya Rp 878 Ribu!



Simak Video "Kastangel hingga Putri Salju Paling Banyak Diburu Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT