ADVERTISEMENT

Menu Harian Ramadan ke-18: Bubur Candil yang Manis Legit dan Bawal Bakar Nikmat untuk Buka Puasa

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 20 Apr 2022 08:00 WIB
Resep Bubur Sumsum Candil Bunga
Foto: Dok. Umi Muslimatun
Jakarta -

Segarnya labu yang ditumis cocok untuk hidangan sahur bernutrisi. Setelah mendengar azan magrib enaknya bisa menyantap bubur candil dan makan bawal bakar yang lezat.

Labu siam menjadi sayuran yang mudah dan murah untuk didapatkan. Mengolahnya juga tidak membutuhkan bumbu atau cara penanganan yang khusus. Cukup dibersihkan dan diiris-iris, labu bisa ditumis untuk sajian sahur yang lezat dan bergizi.

Takjil manis memang tidak pernah bisa tergantikan nikmatnya. Selain kolak ada juga bubur candil yang manis legit terbuat dari adonan ubi yang nikmat. Menggunakan kuah gula merah dan siraman santan dijamin bikin waktu berbuka tambah bersemangat!

Malamnya bisa menikmati ikan bawal bakar yang gurih lezat. Memasak bawal dengan cara dibakar tidak hanya membuat lebih hemat minyak goreng tetapi juga membuatnya lebih sehat. Duri pada ikan bawal yang lebih sedikit juga tidak akan merepotkan jika disantap saat makan malam.

Baca juga: WNI Kena Getok Harga di Turki, Makan Ikan Harganya Rp 878 Ribu!

Berikut ini ide kreasi menu harian Ramadan untuk dinikmati bersama keluarga:

Tumis Labu SiamTumis labu siam bisa menjadi ide lauk sahur yang lezat bernutrisi. Foto: iStock

1. Tumis sayur labu

Labu siam punya tekstur yang renyah dan unik walaupun sudah dimasak hingga matang. Tidak akan terlalu lembek, masih ada tekstur renyah yang enak jika dinikmati sebagai sayuran dan lauk pelengkap saat makan nasi.

Mengolah labu siam yang mudah bisa membuatnya cocok untuk disajikan sebagai pelengkap saat makan sahur. Agar tidak repot, labu siam bisa dengan hanya ditumis dengan beberapa bumbu yang dihaluskan maupun yang diiris kasar.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tumis sayur labu siam ini juga pastinya akan selalu tersedia di kulkas maupun di rak dapur. Untuk resep lengkap dan cara membuatnya intip resep ini.

Baca juga: Menu Harian Ramadan ke-17: Pedas Nagih Telur Balado dan Martabak Lumpia untuk Buka Puasa

2. Bubur candil

Resep Bubur Sumsum Candil BungaManis legit bubur candil tidak pernah salah untuk disajikan sebagai takjil saat berbuka puasa. Foto: Dok. Umi Muslimatun

Manis legit dari bubur candil membuat hidangan yang satu ini sudah seperti kudapan wajib saat berbuka puasa. Terbuat dari olahan ubi yang dihaluskan dan dimasak dengan gula merah membuat candil begitu nikmat untuk menjadi sumber kalori setelah seharian berpuasa.

Membuat bubur candil dari ubi sendiri di rumah juga bisa menjadi solusi untuk ngabuburit santai tanpa harus keluar rumah. Jika ingin lebih cantik penampilannya kamu bisa menggunakan ubi ungu yang warnanya lebih terang.

Walaupun terlihat banyak komponen yang diperlukan, nyatanya membuat bubur candil tidak serumit yang dibayangkan. Bahan-bahan dan cara membuatnya yang bisa ditiru sudah terlampir pada resep ini.

3. Ikan bawal bakar

ikan bawal bakarGurih nikmat ikan bawal yang diolah dengan cara dibakar bisa membuatnya jadi lebih sehat. Foto: Getty Images/iStockphoto/savana poto

Ikan memiliki nutrisi yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh. Minyak yang ada di dalam ikan dapat menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh dan melihat kenormalan fungsinya terlebih saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.

Ikan yang paling mudah untuk diolah dan tidak repot untuk dikonsumsinya adalah ikan bawal. Agar lebih sehat kamu bisa mengolah ikan ini dengan cara dibakar dengan olesan bumbu kecap yang gurihnya bisa bikin ketagihan.

Duri ikan yang cenderung sedikit dan mudah terlihat membuat ikan bawal juga cocok untuk santap saat makan malam yang tidak merepotkan. Apabila penasaran ingin mencoba menyajikannya untuk keluarga kamu bisa mengikuti resep detikfood di sini.

Baca juga: 5 Tips Diet Inul Daratista yang Berhasil Turun Berat Badan 30



Simak Video "Kastangel hingga Putri Salju Paling Banyak Diburu Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT