Menu Harian Ramadan ke-17: Pedas Nagih Telur Balado dan Martabak Lumpia untuk Buka Puasa

ADVERTISEMENT

Menu Harian Ramadan ke-17: Pedas Nagih Telur Balado dan Martabak Lumpia untuk Buka Puasa

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 19 Apr 2022 08:00 WIB
making spring rolls, commercial kitchen
Foto: iStock
Jakarta -

Telur balado cocok jadi menu pembangkit selera saat sahur. Lanjut buka puasa, kamu bisa bikin martabak lumpia dan mie goreng Malaysia untuk menu makan malam.

Rasa makanan yang gurih pedas bisa bikin selera makan meningkat drastis. Menyajikan telur balado sebagai menu sahur bisa menjadi solusi untuk membantu mendapatkan selera makan tepat setelah bangun tidur.

Untuk berbuka puasa sajikan makanan yang gurih renyah seperti martabak lumpia. Perpaduan antara telur dan cincangan daging ayam membuat cita rasa gurih yang khas dan bikin nagih. Ditambah kulit lumpia yang renyah membuat waktu berbuka puasa menjadi semakin sempurna.

Saat makan malam, jika tak ingin makan nasi ada olahan mie lezat yang bisa menjadi solusinya. Terinspirasi dari hidangan mie goreng mamak asal Malaysia, gurih pekat mie goreng ini bikin semangat makan setelah puas menyantap takjil.

Baca juga: Menu Harian Ramadan ke-16: Sapo Tahu dan Risoles Nikmat Buat Buka Puasa

Berikut ini ide menu harian dari waktu sahur hingga makan malam yang cocok disantap bersama keluarga:

Resep Telur Ceplok BaladoPedas nikmat telur balado bisa menjadi alternatif hidangan saat sahur. Foto: iStock

1. Telur Balado

Olahan makanan yang menggunakan bumbu merah pedas khas Minang ini bisa membuat semua makanan terasa lebih spesial. Bumbu balado bisa dipadukan dengan berbagai bahan makanan.

Salah satunya adalah telur yang mudah untuk dimasak dan tidak banyak memakan waktu. Hidangan seperti telur balado juga ampuh untuk menarik perhatian keluarga agar makannya.

Terlebih ketika waktu sahur, telur balado yang dipadukan dengan nasi putih panas akan sangat lezat dan mampu meningkatkan selera makan. Untuk membuatnya, ada resep yang bisa kamu contek di sini.

Baca juga: WNI Kena Getok Harga di Turki, Makan Ikan Harganya Rp 878 Ribu!

2. Martabak Lumpia

making spring rolls, commercial kitchenGurih nikmat campuran telur dan daging ayam cincang dengan renyahnya kulit lumpia paling pas untuk disajikan sebagai takjil. Foto: iStock

Kulit lumpia bisa diolah dengan berbagai bahan makanan yang melezatkan. Hidangan yang paling mudah untuk dibuat adalah martabak lumpia yang bisa disesuaikan dengan selera.

Telur dengan daging ayam cincang bisa jadi ide isiannya. Digoreng hingga cokelat keemasan dan garing luarnya, martabak lumpia ini cocok untuk disajikan sebagai takjil.

Bahan-bahan yang digunakan juga cukup mudah dan bisa dikreasikan dengan menambahkan berbagai bahan yang dimiliki di rumah. Untuk resep lengkap martabak lumpia isi telur dan daging ayam cincang bisa lihat di sini.

3. Mie Goreng Malaysia

Resep Mie Goreng Muslim Khas MalaysiaPekat bumbunya dan unik rasanya membuat mie goreng Malaysia ini bisa menjadi hidangan saat makan malam agar tidak bosan. Foto: iStock

Jika tidak ingin makan nasi dan tetap menyantap karbohidrat, ada olahan mie yang bisa menjadi salah satu menu nikmat untuk makan malam. Mie segar atau mie kuning tidak hanya bisa diolah menjadi bakmi godog Jowo saja.

Tidak ada salahnya untuk mencoba resep mie yang lain seperti mie goreng khas Malaysia. Bumbunya yang pekat dengan beragam potongan bahan isian cocok untuk dinikmati saat makan malam.

Jika penasaran dengan rasanya yang gurih bikin nagih, mie goreng Malaysia ini juga bisa ditiru bahan dan cara membuatnya untuk disajikan di rumah. Resep lengkapnya bisa kamu ikuti di sini.

Baca juga: 5 Tips Diet Inul Daratista yang Berhasil Turun Berat Badan 30 Kg



Simak Video "Resep Bakso dan Pangsit Udang untuk Hidangan saat Ramadan"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT