Joglo Nusantara: Makan Mi Lethek dan Nasi Liwet di Pinggir Situ Pengasinan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 25 Jun 2021 12:00 WIB
Joglo Nusantara: Makan Mi Lethek dan Nasi Liwet di ‘Hutan’ Pinggir Situ Pengasinan Foto: detikfood
Depok -

Saat pandemi Covid-19, tempat makan outdoor banyak dicari. Di Depok kamu bisa menyambangi Joglo Nusantara yang berada di pinggir situ Pengasinan, Sawangan. Suasananya asri banget!

Bosan makan di restoran, kafe, atau mall? Sesekali coba 'kembali ke alam' dengan menikmati ragam sajian tradisional di alam terbuka. Konsep seperti ini bisa kamu temukan di Joglo Nusantara. Lokasinya di dalam area Situ Pengasinan, Sawangan.

Bangunan rumah joglo di tengah-tengah area terbuka hijau ini sebenarnya adalah tempat kumpul beragam komunitas di Depok. Lebih dari 100 komunitas ini tergabung dalam Yayasan Forum Komunitas Hijau (FKH) Nusantara.

Sosok di baliknya adalah Heri Syaefudin. Pria kelahiran Magelang ini aktif mengelola beragam komunitas di Depok, terutama yang terkait lingkungan. Wujud kecintaannya pada lingkungan situ di Depok berawal dari tahun 2004.

Heri dan upaya konservasi Situ Pengasinan

Joglo Nusantara: Makan Mi Lethek dan Nasi Liwet di 'Hutan' Pinggir Situ PengasinanJoglo Nusantara: Makan Mi Lethek dan Nasi Liwet di 'Hutan' Pinggir Situ Pengasinan Foto: detikfood

Di tahun tersebut ia membeli tanah seluas 3.000 meter persegi di kawasan Situ Pengasinan yang hampir lenyap. Saat itu situ diubah menjadi empang dan sawah, bahwan nyaris dibuat menjadi perumahan.

Heri berusaha mempertahankannya dengan mengembalikan fungsi situ. Ruang terbuka hijau tetap ada dalam jarak 50 meter dari situ.

Joglo Nusantara yang didirikan tahun 2006 kemudian menjadi 'highlight' dari kawasan milik Heri. Saat ini luas tanahnya sudah bertambah jadi 7.000 meter persegi, dengan tambahan warung makan tradisional yang ikut didirikan.

Warung Kangen Desa dibuat saat pandemi Covid-19

Joglo Nusantara: Makan Mi Lethek dan Nasi Liwet di 'Hutan' Pinggir Situ PengasinanJoglo Nusantara: Makan Mi Lethek dan Nasi Liwet di 'Hutan' Pinggir Situ Pengasinan Foto: detikfood

Warung makan inilah yang kemudian jadi viral karena menawarkan suasana 'hutan' di samping situ yang asyik buat bersantai. Nama asli warung ini adalah Warung Kangen Desa, namun orang-orang lebih mengenalnya sebagai Joglo Nusantara karena bangunan ini sudah lebih dulu hadir.

"Baru buka Januari 2021. Alasan buka warung ini melihat banyak orang nganggur-nganggur, terus kita punya kayu-kayu, terus kita berdiriin (warung makan). Terus kita kasih alternatif kan orang-orang nggak bisa kumpul-kumpul di tempat tertutup, harus outdoor, nah temen-temen banyak yang datang (dan memberi ide), bikin (warung) dong," kata Heri pada detikfood (22/6).

Bangunan Warung Kangen Desa berkonsep rumah blandongan khas Betawi. Heri menghias interiornya dengan furnitur serba jadul, termasuk kursi-kursi kayu kuno yang ia beli dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Main ke Situ Pengasinan, Makan Mie Lethek hingga Nasi Liwet"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com