Efek Kafein Kopi pada Remaja Perlu Diwaspadai, Ketahui Batas Konsumsinya

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Efek Kafein Kopi pada Remaja Perlu Diwaspadai, Ketahui Batas Konsumsinya

Atiqa Rana - detikFood
Jumat, 11 Nov 2022 07:00 WIB
Benarkah Minum Kopi Sebelum Olahraga Lebih Sehat? Ini 5 Faktanya
Foto: Getty Images/FatCamera
Jakarta -

Akhir-akhir ini kopi tak hanya digemari orang dewasa, tapi juga para remaja. Minuman berkafein ini bisa mempengaruhi mereka, ketahui dampaknya.

Kopi semakin disukai oleh banyak kalangan, bukan hanya orang dewasa saja, melainkan juga para remaja yang menggandrungi minuman berkafein ini. Kopi memang bisa menjadi minuman berenergi yang mudah didapat oleh para remaja.

Biasanya mereka meminumnya untuk meningkatkan energi sebelum olahraga atau sebelum melakukan sesi belajar yang panjang. Meskipun efek kopi mampu meningkatkan energi dan membantu mereka agar lebih fokus, namun minum terlalu banyak juga tidak baik.

Beberapa penelitian telah menunjukkan efek samping kafein yang dapat mempengaruhi kesehatan seseorang, termasuk remaja. Sebelum meneruskan hobi minum kopi itu, penting bagi para remaja untuk mengetahui efek sampingnya lebih lanjut.

Merangkum verywellhealth.com (27/01), berikut efek samping yang bisa disebabkan kafein kopi terhadap para remaja.

1. Mempengaruhi Jam Tidur

Pria tidurKopi dapat mengurangi jam tidur para remaja. Jam tidur yang kurang nantinya akan mempengaruhi kesehatan mental dan fisik. Foto: Getty Images/iStockphoto/PeopleImages

Seringkali remaja belajar hingga larut malam. Agar mereka tetap kuat dalam melakukan aktivitas tersebut, pada akhirnya remaja-remaja ini memilih untuk meminum secangkir kopi untuk mendorong energi mereka.

Namun hati-hati, kafein dapat sangat mempengaruhi tidur remaja. Setiap 10 mg kafein yang dikonsumsi remaja laki-laki berusia 13 tahun dapat mengurangi peluang jam tidur mereka yang seharusnya bisa tidur selama 8,5 jam.

Mungkin ini bukan menjadi masalah bagi sebagian remaja. Tetapi perlu diingat, efek kafein terhadap kurangnya jam tidur itu mampu mempengaruhi kesehatan mental, fisik, hingga pendidikan mereka.

2. Minum Kopi dapat Mempengaruhi Tulang

Efek kafein pada kopi juga mampu mempengaruhi kesehatan tulang pada remaja. Kafein itu akan menyebabkan tubuh kehilangan kalsium.

Jika remaja terlalu sering minum kopi, ini akan menyebabkan tulang mereka keropos dari waktu ke waktu. Tak hanya kopi, minuman berenergi hingga soda juga mampu meningkatkan risiko osteoporosis pada remaja.

Dalam masa pertumbuhan, lebih baik untuk mengonsumsi minuman sehat seperti susu dibandingkan mengonsumsi minuman seperti ini.



Simak Video "Sejarah Kebun Kopi Tertua di Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT