Ibu Hamil yang Rutin Minum Kopi Bayinya Tumbuh Lebih Pendek

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Ibu Hamil yang Rutin Minum Kopi Bayinya Tumbuh Lebih Pendek

Sonia Basoni - detikFood
Rabu, 09 Nov 2022 07:30 WIB
Ibu Hamil yang Rutin Minum Kopi Bayinya Tumbuh Lebih Pendek
Foto: Ilustrasi iStock
Jakarta -

Banyak klaim yang menyebutkan minum kopi saat hamil berbahaya untuk kesehatan janin. Bahkan ada juga yang menyebut konsumsi kopi bisa pengaruhi tinggi anak.

Selain anak kecil, wanita hamil disarankan untuk mengurangi konsumsi kopi. Karena menurut beberapa studi terbaru, konsumsi kopi selama masa kehamilan bisa berdampak pada pertumbuhan anak.

Dilansir dari MedicalNewsToday (08/11), beberapa studi menyebutkan kafein ini berbahaya untuk beberapa aspek dalam kehamilan. Tapi ada juga studi yang menunjukkan, bahwa konsumsi kafein selama hamil boleh-boleh saja, selama masih dalam batas yang dianjurkan.

Baca Juga: Bapak-bapak, Rutin Minum Kopi Ternyata Bisa Perkuat Ereksi" selengkapnya


Dari data American College of Obstetricians and Gynecologists,diketahui bahwa konsumsi kafein kurang dari 200 miligram ( 2 cangkir) pada wanita hamil masih aman.

Ibu Hamil yang Rutin Minum Kopi Bayinya Tumbuh Lebih PendekIbu Hamil yang Rutin Minum Kopi Bayinya Tumbuh Lebih Pendek Foto: Ilustrasi iStock

"Rekomendasi harian untuk kafein berdasarkan beberapa penelitian, memang kurang dari 200 gram yang setara dengan dua cup kopi per hari. Perlu diingat, bahwa konsumsi kafein bisa menyebabkan pusing, mual sampai mengganggu waktu tidur," jelas Dr. Monte Swarup.

Sementara itu studi terbaru menjelaskan bahwa ibu hamil yang sering minum minuman mengandung kafein, bisa menimbulkan efek pada pertumbuhan janinnya.

Beberapa peneliti ini meneliti ibu hamil di era 1959-1965, serta anak-anak yang lahir di tahun 1960 -1974. Kemudian mereka membandingkannya dengan ibu dan anak dari rentang tahun 2009-2013 dan 2017 - 2019. Serta konsumsi kafein mereka selama masa kehamilan, diikuti data perkembangan tinggi badan anak-anak sampai umur 8 tahun.

Hasilnya, menunjukkan bahwa konsumsi kafein selama masa kehamilan ini berkaitan dengan pertumbuhan tubuh anak-anak yang lebih pendek, dibandingkan mereka yang lahir dari ibu yang tidak mengonsumsi kafein. Bahkan perbedaannya ini mencapai 2 cm.

Ibu Hamil yang Rutin Minum Kopi Bayinya Tumbuh Lebih PendekIbu Hamil yang Rutin Minum Kopi Bayinya Tumbuh Lebih Pendek Foto: Ilustrasi iStock

"Inti dari penelitian ini adalah, meski kafein yang terpapar selama masa kehamilan cukup rendah, tapi ternyata tetap berdampak pada tinggi tubuh anak yang lebih pendek. Meski begitu, memang belum ada penelitian lain yang benar-benar mengevaluasi kaitannya kafein dengan tinggi anak-anak," ungkap Jessica Gleason, salah satu peneliti dari studi ini.

Namun para peneliti menekankan bahwa efek kafein pada perbedaan tinggi tubuh anak ini belum sepenuhnya jelas.

"Ada implikasi kuat, yang menunjukkan bahwa konsumsi kafein pada ibu hamil kurang dari 200 mg per hari, berhubungan dengan pertumbuhan tinggi anak yang lebih pendek. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk melihat implikasi ini," pungkas Dr. Monte.

Di akhir studi, Dr. Monte dan Jessica menyarankan setiap ibu hamil untuk terus berkomunikasi dengan dokter kandungan, atau spesialis tentang konsumsi kafein selama masa kehamilan untuk menghindari efek samping di kedepannya.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Anak Kecil Tak Boleh Diberi Minuman Kopi" selengkapnya



Simak Video "Bikin Laper: Pedas Nikmat Ayam Geybok Bang Jarwo"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT