Ini Alasan Kenapa Anak Kecil Tak Boleh Diberi Minuman Kopi

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Ini Alasan Kenapa Anak Kecil Tak Boleh Diberi Minuman Kopi

Sonia Basoni - detikFood
Kamis, 27 Okt 2022 08:00 WIB
Ini Alasan Kenapa Anak Kecil Tak Boleh Diberi Minuman Kopi
Foto: Ilustrasi: Getty Images
Jakarta -

Anak kecil tak boleh diberi minum kopi. Tak sekedar larangan tetapi ada alasan ilmiah mengapa anak-anak tidak boleh minum kopi. Berikut penjelasannya.

Meski kopi mengandung banyak manfaat untuk kesehatan, bahkan diklaim bisa membuat orang panjang umur. Tapi konsumsi kopi pada anak-anak di bawah usia 12 tahun tidak diperbolehkan, karena alasan kesehatan dan dampak panjangnya.

Dilansir dari CNN (26/10), baru-baru ini ada ibu di media sosial yang menunjukkan bahwa anak-anak mereka sudah terbiasa minum kopi. Padahal menurut organisasi The American Academy of Pediatrics tidak merekomendasikan sama sekali konsumsi minuman berkafein seperti kopi, teh, soda hingga minuman berenergi untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun.

Sementara untuk usia antara 12 - 18 tahun, harus tetap memiliki batasan mengonsumsi minuman ini kurang dari 100 gram per hari, yang setara dengan satu cangkir kopi.

Baca Juga: Minum Kopi Malah Jadi Cemas dan Gelisah, Bisa Jadi Karena Ini" selengkapnya

Tentunya ada alasan medis mengapa anak-anak, terutama yang masih berusia lima tahun ke bawah tak boleh minum kopi. Karena anak-anak memiliki badan yang lebih kecil, sehingga kafein dicerna lebih cepat, dibandingkan proses penyerapan kafein di tubuh orang dewasa.

Ini Alasan Kenapa Anak Kecil Tak Boleh Diberi Minuman KopiIni Alasan Kenapa Anak Kecil Tak Boleh Diberi Minuman Kopi Foto: Ilustrasi: Getty Images

Terlalu banyak kafein bisa menyebabkan detak jantung meningkat, tekanan darah menjadi tinggi, sampai memicu refluks asam pada tubuh, serta menyebabkan kecemasan dan gangguan tidur pada anak-anak. Dalam kasus tertentu, dosis kafein yang sangat tinggi untuk anak-anak ini bisa berakibat fatal.

"Jadi ada kasus anak-anak dilarikan ke UGD karena detak jantung mereka tidak beraturan. Beberapa orang berpikir bahwa mereka keren dengan memberikan minuman sejenis soda dan sebagainya ke anak-anak," jelas dokter anak, Mark Corkins selaku ketua komite untuk American Academy of Pediatrics.

"Biasanya orangtua memberikan anak-anak kopi, karena mereka yang minta. Mereka lihat bahwa orangtua mereka atau saudara mereka terbiasa minum kopi, lalu kebanyakan orangtua berpikir bahwa tidak ada masalah memberikan 1-2 teguk kopi ke anak-anak, padahal efeknya ini cukup panjang. Nanti orangtua jadi kebiasaan memberikan anak mereka minuman yang diinginkan, dibanding melawan keinginan mereka," lanjut Dokter Corkins.

Ini Alasan Kenapa Anak Kecil Tak Boleh Diberi Minuman KopiIni Alasan Kenapa Anak Kecil Tak Boleh Diberi Minuman Kopi Foto: Ilustrasi: Getty Images

Dokter Corkins juga menyorot sedikitnya kandungan nutrisi pada kopi, dan menyarankan minuman yang lebih sehat seperti susu atau air putih untuk anak-anak.

"Susukaya akan kandungan kalsium, vitamin D dan air mineral itu nutrisi. Karena tubuh kita kan 60% terdiri dari air," ungkapnya.

"Jadi apa kesimpulannya? Hindari memberikan minuman berkafein kepada anak-anak. Anak-anak tidak memerlukan itu, karena kafein berfungsi sebagai stimulan yang meningkatkan kewaspadaan pada tubuh. Jika anak-anak merasa butuh kopi untuk menjalani hari, sebaiknya orangtua harus konsultasi tentang hal ini ke dokter anak untuk mencari akar penyebabnya," pungkas Dokter Corkins.


Baca Juga: Ini Alasan Minum Kopi Bisa Bikin Perut Mulas hingga Diare" selengkapnya



Simak Video "Sejarah Kebun Kopi Tertua di Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT