ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk

Jadi Tren, Kopi Oat Milk Berkhasiat untuk Kesehatan Jantung dan Usus

Riska Fitria - detikFood
Selasa, 08 Nov 2022 07:30 WIB
Kopi susu oat
Foto: iStock
Jakarta -

Alih-alih meracik kopi dengan gula dan krimer, akan lebih baik jika mencampurkan kopi dengan oat milk. Selain rasanya lebih enak, khasiatnya juga lebih banyak.

Bagi sebagian orang, memulai pagi hari kurang lengkap tanpa minum kopi. Kandungan kafein pada kopi itu berkhasiat bisa membangkitkan energi dan stamina sebelum beraktivitas.

Namun, manfaat kopi itu bisa rusak jika dicampur bahan tambahan seperti gula, susu atau krimer. Agar lebih sehat, kamu bisa menambahkan oat milk yang bisa dijadikan sebagai pengganti whipped cream, susu, atau kental manis.

Mungkin perpaduan antara kopi dan oat milk yang berasal dari oatmeal terdengar aneh. Namun campuran ini bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti yang dikutip dari Medical News Today.

Baca Juga: Ladies, Kenali 5 Efek Samping Minum Kopi Saat Menstruasi!

Kopi susu oatCampuran kopi dan susu oat ini bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Foto: iStock

Mengingat kopi mengandung banyak nutrisi, seperti riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), hingga sejumlah kandungan magnesium, kalium, dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Sementara itu, oat milk mengandung serat, vitamin, mineral sampai antioksidan. Minuman yang biasa jadi menu sarapan ini berkhasiat untuk mencegah peradangan tubuh, meningkatkan energi dan mendorong metabolisme.

Oat milk atau susu gandum merupakan salah satu jenis susu nabati. Jenis susu ini biasa digunakan sebagai alternatif susu sapi. Susu oat ini memiliki kalori, karbohidrat, dan serat lebih tinggi dibandingkan susu sapi, kedelai, atau almond.

Dalam 240 ml susu oat setidaknya mengandung 5 gram lemak, 120 kalori, 3 gram protein, 16 gram karbohidrat dan 2 gram sehat. Paduan kopi dan oat milk ditawarkan oleh sebuah kafe bernama Tomoro Coffee.

Kopi susu oatDalam 240 ml susu oat setidaknya mengandung 5 gram lemak, 120 kalori, 3 gram protein, 16 gram karbohidrat dan 2 gram sehat. Foto: iStock

Untuk menghasilkan menu ini Tomoro Coffee berkolaborasi dengan Oatside sebuah produk susu oat sehat. Ada dua menu yang bisa dicoba, yakni Manuka Oat Latte dan Hōjicha Oat Latte, dengan harga Rp 28.000 untuk ukuran regular dan Rp 32.000 untuk ukuran besar.

Kedua minuman tersebut juga bermanfaat untuk kesehatan, seperti meningkatkan kesehatan jantung dan memiliki kandungan lemak yang jauh lebih rendah dibandingkan susu dairy biasa.

Selain itu, dengan adanya campuran madu manuka akan meningkatkan kesehatan usus karena mengandung probiotik. Sementara itu campuran hojicha mengandung theanine yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Baca Juga: Begini Proses Panjang Pengolahan Kopi, Sebelum Bisa Diseruput Hangat



Simak Video "Sejarah Kebun Kopi Tertua di Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT