Ladies, Kenali 5 Efek Samping Minum Kopi Saat Menstruasi!

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Ladies, Kenali 5 Efek Samping Minum Kopi Saat Menstruasi!

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 15 Okt 2022 07:30 WIB
Ladies, Kenali 5 Efek Samping Minum Kopi Saat Menstruasi!
Foto: Getty Images/iStockphoto/Narong KHUEANKAEW
Jakarta -

Ketika mengalami menstruasi, tubuh wanita akan sangat sensitif. Termasuk pengaruh asupan kafein yang diterima dari mengonsumsi kopi secara rutin.

Wanita memiliki organ tubuh yang lebih kompleks dibandingkan dengan pria. Organ reproduksi yang berbeda membuat wanita harus menjalani siklus hormonal yang lebih panjang.

Hal ini lantaran wanita akan mengalami menstruasi atau datang bulan yang membuat tubuhnya sangat sensitif. Bahkan menurut ahli kesehatan, mengonsumsi kopi saat masa menstruasi pada wanita dapat memberikan beberapa efek tertentu.

Minum kopi dapat mempengaruhi beberapa gangguan baik hormonal maupun fisik pada wanita yang sedang mengalami menstruasi. Agar hal yang tidak diinginkan terjadi, sebaiknya pahami dulu efek samping minum kopi saat menstruasi.

Berikut ini 5 efek samping minum kopi saat menstruasi menurut Avogel:

Ladies, Kenali 5 Efek Samping Minum Kopi Saat Menstruasi!Kandungan kafein pada kopi dapat merusak kualitas tidur yang dibutuhkan wanita saat menstruasi. Foto: Getty Images/iStockphoto/Narong KHUEANKAEW

1. Mengganggu kualitas tidur

Ketika menstruasi seringkali tubuh wanita akan terasa lebih pegal, kaku dan mudah lelah. Hal ini tidak lain disebabkan oleh perubahan hormon yang berdampak besar pada seluruh tubuh.

Momen seperti ini membuat tubuh wanita memerlukan istirahat yang cukup dan berkualitas. Salah satunya dengan mendapatkan tidur yang baik dan lelap sehingga rasa lelah lebih mudah diatasi.

Minum kopi 5 jam sebelum waktu tidur akan membuat tubuh kesulitan mendapat istirahat yang berkualitas. Hasilnya tubuh wanita yang sedang menstruasi akan merasakan kelelahan yang lebih parah.

2. Mood jadi buruk

Banyak orang yang mengatakan bahwa wanita yang sedang menstruasi bisa berubah menjadi lebih galak daripada seekor singa. Mudah marah, mudah menangis serta perubahan emosional lainnya yang dapat berlangsung dalam waktu yang sangat cepat.

Ketidakseimbangan hormon membuat hal ini dapat terjadi pada seorang wanita yang sedang datang bulan. Kondisi ini bisa diperparah dengan konsumsi kopi karena mempengaruhi pusat saraf dan memicu ledakan adrenalin yang tak terkendali.

Sebagian wanita yang sedang menstruasi juga tidak sedikit yang akan merasa cemas, stres hingga tertekan. Pada kondisi seperti ini para ahli kesehatan menyarankan untuk tidak mengonsumsi kopi agar gejalanya tak semakin parah.

Efek samping minum kopi lainnya ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Bikin Laper: Segarnya Kuah Tom Yam Autentik Khas Thailand"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT