ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Minum Kopi Pakai Lemon Bikin Kurus? Cek Dulu Faktanya

Sonia Basoni - detikFood
Senin, 07 Nov 2022 05:00 WIB
Minum Kopi Pakai Lemon Bikin Kurus? Cek Dulu Faktanya
Foto: Site News/Ilustrasi iStock
Jakarta -

Tren minum kopi campur lemon diklaim banyak orang dapat menurunkan berat badan dalam waktu cepat. Padahal fakta ilmiahnya tidak seperti itu.

Tren ngopi yang terus berkembang jadi gaya hidup, membuat banyak kombinasi kopi yang dicampur dengan berbagai bahan makanan. Misalnya kopi campur oatmeal, sampai irisan buah lemon.

Dilansir dari situs Factly (06/11), tren minum kopi pakai buah lemon ini diklaim banyak orang di media sosial dapat membantu memangkas lemak tubuh.

Klaim itu diperkuat dengan video yang menunjukkan bahwa seorang wanita bisa turun berat badannya sampai belasan kilogram karena ramuan kopi ini. Lengkap dengan klaim bahwa dokter menyarankannya.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Anak Kecil Tak Boleh Diberi Minuman Kopi" selengkapnya

Minum Kopi Pakai Lemon Bikin Kurus? Cek Dulu FaktanyaMinum Kopi Pakai Lemon Bikin Kurus? Cek Dulu Faktanya Foto: Site News/Ilustrasi iStock

Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata belum ada fakta dan bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa air jeruk lemon bisa menurunkan berat badan.

Memang beberapa penelitian menyimpulkan, bahwa konsumsi kopi yang rutin bisa membantu sedikit pengurangan lemak tubuh, tapi ada banyak efek sampingnya.

Sampai sekarang belum ada bukti nyata tentang efek minum kopi dan jeruk lemon mampu turunkan berat badan.

Menurut penelitian dari Harvard, meminum empat cangkir kopi sehari memang bisa menurunkan kadar lemak tubuh hingga 4%. Derric Alperet, salah satu peneliti menyimpulkan efek ini dihasilkan dari kafein yang bisa mendorong sistem metabolisme tubuh, sehingga membantu tubuh membakar kalori dan menurunkan kadar lemak.

Minum Kopi Pakai Lemon Bikin Kurus? Cek Dulu FaktanyaMinum Kopi Pakai Lemon Bikin Kurus? Cek Dulu Faktanya Foto: Site News/Ilustrasi iStock

Akan tetapi ahli kesehatan Alexander Sowa dari NYU School of Medicine, menjelaskan bahwa tidak ada dokter yang akan merekomendasikan kopi untuk diet, karena efeknya ini tidak baik untuk tubuh.

Begitu juga dengan penelitian lemon untuk turunkan berat badan. Dari salah satu studi di tahun 2008, memang menunjukkan adanya kadar lemon polyphenol untuk memangkas lemak. Tapi ketika di tes pada tikus, belum ada yang bisa membuktikan bahwa lemon bisa membantu memangkas lemak pada manusia.

"Faktnya air lemon tidak akan membakar lemak, atau kandungan lainnya untuk menurunkan berat badan. Intinya, air ini membuat orang merasa lebih kenyang, dan akhirnya orang jadi tidak makan atau ngemil," pungkas Beth Czerwony, selaku ahli diet ternama.

Untuk diet sehat sederhana yang alami bisa dengan cara memperbaiki pola makan, dan konsumsi bayak sayuran dan buah-buahan segar

Baca Juga: 6 Tips Hemat dan Sederhana untuk Diet Sehat Jangka Panjang" selengkapnya



Simak Video "Sejarah Kebun Kopi Tertua di Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT