ADVERTISEMENT

6 Tips Hemat dan Sederhana untuk Diet Sehat Jangka Panjang

Atiqa Rana - detikFood
Sabtu, 25 Jun 2022 07:00 WIB
Tips Diet Hemat dan Sederhana
Foto: Getty Images
Jakarta -

Banyak orang berpikir dua kali saat hendak diet karena makanan diet identik mahal. Namun sebenarnya ada tips hemat dan sederhana untuk jalani diet yang ramah di kantong.

Mengikuti pola diet sehat mungkin bisa menjadi beban bagi sebagian orang. Hal ini tidak hanya karena konsumsi makanan yang dibatasi, tetapi beberapa makanan diet juga memiliki harga relatif mahal.

Padahal jalani pola makan sehat penting dilakukan agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Karena jika tidak, seseorang akan lebih berisiko alami penyakit berbahaya.

Sebenarnya tidak semua diet atau makanan diet mahal. Ada beberapa makanan yang tetap bisa dikonsumsi dengan harga yang lebih murah.

Dirangkum dari news18.com (13/06), berikut 6 tips hemat dan sederhana untuk diet sehat ramah di kantong dan bisa bertahan dalam jangka panjang:

1. Pilih Bijian Murah Saat Diet

Beberapa jenis biji-bijian dan gandum memiliki manfaat super, salah satunya sebagai sumber karbohidrat yang memenuhi kebutuhan energi tubuh. Makanan ini juga sering menjadi camilan andalan ketika seseorang melakukan diet.

Dilansir dari wholegraincouncil.org (20/09/2017), opsi gandum sehat dengan harga yang terjangkau bisa didapat dari gandum utuh. Selain gandum utuh, olahan gandum ini juga mudah ditemukan seperti pada roti gandum, oatmeal, ataupun sereal.

Sementara biji-bijian juga bisa dimasukkan dalam menu diet seperti biji bunga matahari yang memiliki kandungan vitamin E tinggi. Selain sehat, biji bunga matahari juga bisa menjadi opsi camilan yang enak dan murah.

2. Konsumsi Sayuran Sehat dan Murah

Tips Diet Hemat dan SederhanaBuncis tinggi kandungan protein dan bisa menjadi alternatif murah meriah untuk asupan protein. Foto: Getty Images

Ada banyak jenis sayuran yang bisa didapatkan dengan harga murah, namun kualitasnya tak kalah super. Salah satunya buncis.

Buncis tinggi kandungan protein dan bisa menjadi alternatif murah meriah untuk asupan protein dari daging, ikan, ataupun ayam. Dengan kandungan serat, vitamin, dan mineral yang juga tinggi, buncis juga bisa membuat kesehatan pencernaan lebih baik.

Lihat video 'Ahli Gizi Jawab soal Diet Harus Batasi Garam dan Gula':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT