4 Tips Sarapan untuk Bantu Turunkan Berat Badan ala Dr Zaidul Akbar

Riska Fitria - detikFood
Jumat, 10 Jun 2022 06:00 WIB
Tips sarapan
Foto: iStock
Jakarta -

Banyak orang yang tidak sarapan karena takut gemuk. Begini tips sarapan yang benar dan sehat agar bisa membantu menurunkan berat badan.

Sejatinya sarapan merupakan waktu makan paling penting. Namun karena takut gemuk, tak sedikit orang yang memilih meninggalkan sarapan. Justru dengan sarapan bisa membantu menurunkan berat badan.

Namun, sarapan juga ada tipsnya seperti yang pernah disampaikan oleh dr Zaidul Akbar lewat ceramahnya. Menurutnya, kunci sarapan adalah tidak banyak mengasup kalori.

Lantas, makanan dan minuman seperti apa yang cocok dikonsumsi waktu sarapan? Berikut 4 tips sarapan untuk membantu menurunkan berat badan:


1. Minum Teh Hijau

Dr Zaidul Akbar menyarankan ketika sarapan jangan mengonsumsi kalori berlebih. Konsumsilah makanan dan minuman yang rendah kalori, salah satunya seperti teh hijau.

"Teh hijau itu kalorinya rendah, bahkan hampir gak ada kalori," ujarnya.

Rutin minum teh hijau bisa membantu menurunkan berat badan. Hal tersebut bahkan telah dibuktikan oleh banyak penelitian. Peneliti menyebut bahwa teh hijau kaya akan antioksidan.

Selain itu, teh hijau dapat berperan membantu metabolisme tubuh menjadi lebih efisien. Dari perannya itulah, teh hijau dapat membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: 5 Makanan untuk Masker Wajah Alami yang Bikin Mulus dan Glowing

2. Makan Buah

Tips sarapanDr Zaidul Akbar menyarankan untuk mengonsumsi buah-buahan secara utuh Foto: iStock

Jika inginmengasup kalori saat sarapan, pastikan agar tidak berlebihan. DrZaidul Akbar menyarankan untuk mengonsumsi buah-buahan secara utuh. Maksudnya tidak diolah jadi jus dan sebagainya.

"Kalau pengen makan kalori cukup 1 atau dua potong buah," ujarnya.

Makan buah saat sarapan juga pernah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Menurut dr Zaidul Akbar, pagi hari tubuh berada dalam fase pengeluaran.

Lebih lanjut, makan buah juga sebaiknya dilakukan sebelum makan makanan lain karena ada enzim. "Nabi Muhammad SAW tidak pernah makan berat di pagi hari," lanjutnya.